Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia dalam Penanganan Covid-19

Muhammad Saiful Aziz, Moddie Alvianto Wicaksono

Abstract

Dalam kurun waktu lima bulan terakhir, dunia sedang dihinggapi oleh krisis pandemi Covid-19. Pandemi ini menjangkit lebih dari 200 negara termasuk Indonesia. Secara global, imbasnya tidak hanya pada krisis kesehatan dan krisis ekonomi, melainkan juga krisis politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji komunikasi krisis yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam menangani Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dan metode pengumpulan data studi literatur. Adapun penelitian ini berkesimpulan strategi rebuilding posture yang berisikan langkah apologia dan compensation menjadi pilihan terbaik bagi Pemerintah Indonesia. Lalu terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama adalah kecepatan dalam menyampaikan pesan-pesan atau informasi kepada masyarakat, kedua konsistensi dalam setiap informasi atau pesan yang disampaikan kepada masyarakat, ketiga prinsip keterbukaan, keempat menunjukkan sense of crisis dari berbagai elemen pemerintah kepada publik dan stakeholder, kelima perlunya memperkuat komunikasi internal dari unsur pemerintah, keenam perlunya memperkuat transmisi pesan komunikasi kepada publik.

Keywords

Komunikasi Krisis, Pandemi, Covid-19, Pemerintah Indonesia

Full Text:

PDF

References

Apuke, O. D., & Tunca, E. A. (2018). Social Media and Social Media and Crisis Management: A Review and Analysis of Existing Studies. LAÜ Sosyal Bilimler Dergisi, 199-215.

Aria, P. (2020, Maret 26). Ekonomi Indonesia dalam Skenario Terburuk Akibat Virus Corona. Retrieved April 14, 2020, from katadata.co.id: https://katadata.co.id/telaah/2020/03/26/ekonomi-indonesia-dalam-skenario-terburuk-akibat-virus-corona

Bayu, D. J., & Agustiyanti. (2020, April 2). Ralat Jubir Presiden, Pratikno: Pemerintah Imbau Masyarakat Tak Mudik. Retrieved April 15, 2020, from katadata.co.id: https://katadata.co.id/berita/2020/04/02/ralat-jubir-presiden-pratikno-pemerintah-imbau-masyarakat-tak-mudik

Benn, S., Abratt, R., & O’Leary, B. (2016). Defining and Identifying Stakeholders: Views from Management and Stakeholders. South African Journal of Business Management, 1-11. https://doi.org/10.4102/sajbm.v47i2.55.

Budiansyah, A. (2020, April 5). Catat, Wajib Pakai Masker Buat Semua Warga RI Mulai Hari Ini! Retrieved April 13, 2020, from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200405174659-33-149879/catat-wajib-pakai-masker-buat-semua-warga-ri-mulai-hari-ini

Bundy, J., Pfarrer, M. D., Short, C. E., & Coombs, W. T. (2016). Crises and Crisis Management: Integration, Interpretation, and Research Development. Journal of Management, 1-32. Doi: 10.1177/0149206316680030.

Coombs, W. T. (2010). Parameters for Crisis. In W. T. Coombs, & S. J. Holladay, The Handbook pf Crisis Communication (pp. 17-53). Chichester: Blackwell Publishing Ltd.

Coombs, W. T. (2015). On Going Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding 4th Edition. California: Sage Publications.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2016). Effective Public Relations Edisi Kesembilan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Detik. (2020, April 13). Data Corona di Mata Jokowi: Dulu Bisa Bikin Panik, Kini Perlu Dibuka ke Publik. Retrieved April 15, 2020, from detik.com: https://news.detik.com/berita/d-4975126/data-corona-di-mata-jokowi-dulu-bisa-bikin-panik-kini-perlu-dibuka-ke-publik/1

Detik. (2020, April 11). Kisah Pilu Penolakan Jenazah Perawat Corona di Semarang. Retrieved April 15, 2020, from detik.com: https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4973112/kisah-pilu-penolakan-jenazah-perawat-corona-di-semarang/1

Detik.com. (2020, April 2). Istana: Mudik Boleh tapi Wajib Isolasi Mandiri dan Berstatus ODP. Retrieved April 15, 2020, from detik.com: https://news.detik.com/berita/d-4962231/istana-mudik-boleh-tapi-wajib-isolasi-mandiri-dan-berstatus-odp

Eriksson, M. (2018). Lessons for Crisis Communication on Social Media: A Systematic Review of What Research Tells the Practice. International Journal of Strategic Communication, 526-551. Doi: 10.1080/1553118X.2018.1510405.

Fearn-Banks, K. (2011). Crisis Communications: A Casebook Approach. New York: Routledge.

Freeman, R. E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Massachusetts: Pitman Publishing.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (2020, April 12). Data Sebaran. Retrieved April 12, 2020, from Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19: https://www.covid19.go.id/

Hegner, S. M., Beldad, A. D., & Kraesgenberg, A.-L. (2016). The Impact of Crisis Response Strategy, Crisis Type, and Corporate Social Responsibility on Post-crisis Consumer Trust and Purchase Intention. Corporate Reputation Review, 357-370. https://doi.org/10.1057/s41299-016-0007-y.

Ihsanuddin, & Meiliana, D. (2020, April 3). Dibantah, Pernyataan Ngabalin yang Sebut Ada Staf KSP Positif Covid-19. Retrieved April 13, 2020, from kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2020/04/03/18470851/dibantah-pernyataan-ngabalin-yang-sebut-ada-staf-ksp-positif-covid-19

Kumparan. (2020, Maret 26). Pemerintahan Kosovo Tumbang karena Virus Corona. Retrieved April 14, 2020, from kumparan.com: https://kumparan.com/kumparannews/pemerintahan-kosovo-tumbang-karena-virus-corona-1t6GIyD2oCg

Lestari, P., & Sularso. (2020). The COVID-19 Impact Crisis Communication Model Using Gending Jawa Local Wisdom. International Journal of Communication and Society, 47-57. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i1.150.

Maal, M., & Wilson-North, M. (2019). Social Media in Crisis Communication – The “Do’s” and “Don’ts”. International Journal of Disaster Resilience in the Built Environment, 1759-5908. Doi: 10.1108/IJDRBE-06-2014-0044.

Marsen, S. (2019 ). Navigating Crisis: The Role of Communication in Organizational Crisis. International Journal of Business Communication , 1-13. Doi: 10.1177/2329488419882981.

Masluha, S. (2020, Maret 2). Menkes Terawan Tegaskan Masker Hanya Untuk Orang Sakit. Retrieved April 13, 2020, from detikHealth: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4922354/menkes-terawan-tegaskan-masker-hanya-untuk-orang-sakit

Mawardi, I. (2020, April 6). Ini Daftar 37 Pernyataan Blunder Pemerintah Soal Corona Versi LP3ES. Retrieved April 15, 2020, from detik.com: https://news.detik.com/berita/d-4967416/ini-daftar-37-pernyataan-blunder-pemerintah-soal-corona-versi-lp3es/1

Mikušová, M., & Horváthová, P. (2019). Prepared for A Crisis? Basic Elements of Crisis Management in An Organisation. Economic Research-Ekonomska Istraživanja, 1844-1868. https://doi.org/10.1080/1331677X.2019.1640625.

Mitchell, R. K., Aggle, B. R., & Wood, D. J. (1997). Toward A Theory of Stakeholders Identification and Salience: Defining The Principle of Who and What Really Counts. Academy of Management, 853-886.

Nurita, D., & Sugiharto, J. (2020, Maret 29). Dirisak Netizen, Jubir Corona Jawab soal Si Kaya vs Si Miskin. Retrieved April 15, 2020, from tempo.co: https://nasional.tempo.co/read/1325218/dirisak-netizen-jubir-corona-jawab-soal-si-kaya-vs-si-miskin/full&view=ok

Oliver, S. (2010). Public Relations Strategy Third Edition. London: Kogan Page.

Pang, A., Hassan, N. B., & Chong, A. C. (2014). Negotiating Crisis in The Social Media Environment: Evolution of Crises Online, Gaining Credibility Offline. Corporate Communications: An International Journal, 96-118. Doi: 10.1108/CCIJ-09-2012-0064.

Peng, X., Gong, W., & Peng, M. (2016). Empirical Study on Trust Repair of Government in Public Crisis Event. Open Journal of Business and Management, 376-391. http://dx.doi.org/10.4236/ojbm.2016.42040.

Pergel, R., & Psychogios, A. G. (2013). Making Sense of Crisis: Cognitive Barriers of Learning in Critical Situations. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 179-205.

Praditya, I. I. (2020, April 12). Dampak Corona, Pertumbuhan Ekonomi 170 Negara Diprediksi Negatif. Retrieved April 14, 2020, from liputan6.com: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4225298/dampak-corona-pertumbuhan-ekonomi-170-negara-diprediksi-negatif

Pusparisa, Y. (2020, Juli 15). Jumlah Tenaga Kesehatan yang Meninggal karena Covid-19 Bertambah. Retrieved Juli 27, 2020, from Data Books: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/07/15/jumlah-tenaga-kesehatan-yang-meninggal-karena-covid-19-bertambah

Rachmawati. (2020, April 3). Duduk Perkara Penolakan Pemakaman Pasien Covid-19 di Banyumas, Bupati Minta Maaf dan Pimpin Pembongkaran Makam. Retrieved April 13, 2020, from kompas.com: https://regional.kompas.com/read/2020/04/03/06070011/duduk-perkara-penolakan-pemakaman-pasien-covid-19-di-banyumas-bupati-minta

Rasmussen, J., & Ihlen, Ø. (2017). Risk, Crisis, and Social Media: A Systematic Review of Seven Years’ Research. Nordicom Review, 1-17. Doi:10.1515/nor-2017-0393.

Rina, R. (2020, April 9). Update! 1,4 Juta Pekerja Dirumahkan & PHK, Jakarta Terbanyak. Retrieved April 15, 2020, from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200409201441-4-151017/update-14-juta-pekerja-dirumahkan-phk-jakarta-terbanyak

Setyowati, D. (2020, April 12). 44 Dokter dan Perawat RI Meninggal Dunia Akibat Virus Corona. Retrieved April 15, 2020, from KataData: https://katadata.co.id/berita/2020/04/12/44-dokter-dan-perawat-ri-meninggal-dunia-akibat-virus-corona

Suherman, A. (2020). Menyoal Komunikasi Krisis Pemerintah dalam Penangan Pandemi Covid -19. In F. Junaedi, Krisis Komunikasi dalam Pandemi Covid-19 (pp. 65-69). Yogyakarta: Buku Litera.

Supriyadi, S. (2020, April 3). Pencipta Aplikasi Zoom Raup Keuntungan Hingga Triliunan Di Tengah Wabah Corona. Retrieved April 15, 2020, from airmagz.com: https://www.airmagz.com/57204/pencipta-aplikasi-zoom-raup-keuntungan-hingga-triliunan-di-tengah-wabah-corona.html

Tempo. (2020, Februari 28). Rp 72 Miliar Untuk Influencer': Cara Indonesia Merespon Virus Corona. Retrieved 14 April, 2020, from tempo.co: https://www.tempo.co/abc/5348/rp-72-miliar-untuk-influencer-cara-indonesia-merespon-virus-corona

Tuasikal, R. (2020, Maret 16). Dulu Negatif, Pasien Cianjur yang Meninggal Ternyata Positif Corona. Retrieved April 15, 2020, from voaindonesia.com: https://www.voaindonesia.com/a/dulu-negatif-pasien-cianjur-yang-meninggal-ternyata-positif-corona/5329918.html

Umah, A. (2020, Maret 23). Anies: Jakarta Butuh 1000 APD Sehari, Bisa Lebih ke Depannya. Retrieved April 15, 2020, from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200323121321-4-146918/anies-jakarta-butuh-1000-apd-sehari-bisa-lebih-ke-depannya

Widiastuti, D. A. (2020, Maret 1). Netflix Alami Peningkatan Saham dari Penyebaran Corona. Retrieved April 15, 2020, from tek.id: https://www.tek.id/culture/netflix-alami-peningkatan-saham-dari-penyebaran-corona-b1ZJ39hco

Copyright (c) 2021 Masyarakat Indonesia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.