BEYOND PROSUMPTION: PRAKTIK PROSUMSI PENULIS KONTEN DALAM PLATFORM NEWS AGGREGATOR UC NEWS

Maruti Asmaul Husna Subagio, Budi Irawanto

Abstract

Kemunculan teknologi Web 2.0 memungkinkan para pengguna internet tidak lagi terbatas menjadi konsumen yang mampu membaca, menjelajah, dan mengonsumsi konten internet saja. Lebih dari itu, kini pengguna dapat terlibat aktif menjadi konsumen sekaligus produsen (prosumer). Salah satu platform digital yang menjadi tren dalam satu dekade terakhir adalah news aggregator. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan tentang bagaimana para penulis konten di aplikasi UC News, salah satu news aggregator terbesar di Indonesia, melakukan aktivitas produksi-konsumsi (prosumsi) tulisan-tulisan sebagai bagian dari digital labor (pekerja digital). Adapun tujuan penelitian ini ialah menganalisis praktik-praktik prosumsi yang dilakukan oleh penulis konten UC News dikaitkan dengan posisinya sebagai pekerja digital. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi virtual untuk memeroleh gambaran tentang kebudayaan digital yang termediasi internet. Data didapatkan dari jawaban pertanyaan terbuka kepada 6 orang informan yang dipilih berdasarkan variasi gender, tingkat keaktifan, dan lama keterlibatan menjadi penulis konten UC News. Selain itu, data sekunder penulis dapat dari konten-konten tulisan yang dihasilkan para informan di media UC News. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa para penulis konten melakukan praktik prosumsi dengan cara yang beragam. Mulai dari mencari sendiri informasi tulisan (witness journalism) hingga mengolah informasi yang ada di media maupun literatur untuk dibuat tulisan baru. Peneliti juga menemukan bahwa bentuk kapitalisme era prosumer tidak sebatas memengaruhi penulis konten melakukan aktivitas produksi dan konsumsi saja -seperti yang diketahui sebelumnya- namun juga meluas pada distribusi dan marketisasi oleh para user sendiri.

Keywords

penulis konten; news aggregator; prosumsi; Web 2.0

Full Text:

PDF

References

Alejandro, Jennifer. 2010. Journalism in The Age of Social Media. Reuters Institute Fellowship Paper: University of Oxford.

Castells, M; 1996, The Information Age:Economy, Society & Culture, Vol.1: The Rise of The Network Society. Oxford: Blackwell Publishing Ltd.

Graham M, Hjorth I & Lehdonvirta V, 2017. Digital Labour and Development: Impacts of Global Digital Labour Platforms and The Gig Economy on Worker Livelihoods. USA: Sage Journals. (Article)

Nasrullah, Rulli, 2013. Cyber Media.Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.

Nasrullah, Rulli, 2012. DISERTASI: Kontestasi Pemanfaatan Media Jurnalisme Warga antara Industri Media dan Khalayak. Program Studi Kajian Budaya dan Media, Universitas Gadjah Mada.

Ritzer, George. 2011. The DeMcDonaldization of Society, dalam The McDonaldization of Society 6, Amerika: Pine Forge Press, hal. 215-239.

Ritzer G & Jurgenson N, 2010. Production, Consumption, Prosumption; The Nature of Capitalism in The Age of The Digital ‘Prosumer’. USA: Sage Journals. (Article)

Hill, David T. & Krishna Sen, 2000. Media, Culture and Politics in Indonesia. Melbourne: Oxford University Press.

Tapsell, Ross, 2017. Media Power in Indonesia. London: Rowman and Littlefield International.

Terranova, Tiziana, 2000. Free Labor: Producing Culture for The Digital Economy. Duke University Press: Social Text, 63 (Volume 18, Number 2), Summer 2000, pp. 33-58 (Article).

Toffler, Alvin, 1980. The Third Wave. USA: Bantam Books.

Wibowo, Tangguh Okta, 2015. TESIS: Studi Prosumption E-book dalam Bingkai Sirkuit Budaya (Fenomena E-book Gratis dalam Situs Membacacepat.com). Program Studi Kajian Budaya dan Media, Universitas Gadjah Mada.

http://news.liputan6.com/read/2832866/alasan-penulis-konten-digital-akan-jadi-profesi-yang-menjanjikan (diakses 12 Oktober 2017)

http://marketeers.com/uc-browser-ekspansi-bisnis-ke-ranah-distributor-berita/ (diakses 15 November 2017)

https://id.techinasia.com/alasan-di-balik-pembuatan-platform-menulis-oleh-para-agregator-berita (diakses 24 Februari 2018)

https://autotekno.sindonews.com/read/1165370/133/baca-news-aggregator-mudahkan-pembaca-mencari-informasi-1482498733 (diakses 25 Mei 2018)

https://www.theguardian.com/media-network/media-network-blog/2012/jul/17/what-is-new-news-aggregation (diakses 25 Mei 2018)

Copyright (c) 2019 Masyarakat Indonesia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.