PERTANIAN TERPADU DAN ASPEK KETENAGAKERJAAN DI PERDESAAN

Angga Sisca Rahadian

Abstract

Keberadaan sektor pertanian dalam negara berkembang seperti Indonesia cukup signifikan karena pertanian merupakan salah satu sektor utama perekonomian yang dapat menunjang kehidupan masyarakat. Akan tetapi sektor pertanian Indonesia saat ini menghadapi berbagai permasalahan yang melilit sehingga terkesan bermasa depan suram. Pertama, permasalahan dari segi lingkungan yang terlihat dari kesuburan tanah yang semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh penggunaan bahan-bahan kimia yang terlampau berlebih dan dalam jangka waktu lama alih-alih untuk meningkatkan produktivitas. Kedua, produktivitas pertanian menurun akibat tanah yang tidak subur sehingga memberi efek pada kesejahteraan petani. Ketiga, sektor pertanian lebih banyak diisi oleh tenaga kerja angkatan tua, sementara angkatan kerja muda tidak memiliki ketertarikan untuk terjun di sektor pertanian. Hal ini berpengaruh terhadap produktivitas pertanian, karena kondisi fisik angkatan tua tidak sekuat angkatan muda. Kemudian pemasaran produksi pertanian masih menjadi permasalahan karena petani masih bergantung dengan tengkulak di mana justru keberadaan tengkulak merugikan petani itu sendiri.

Full Text:

PDF

References

Ananto, Eko dkk. 1994. Studi tenaga kerja pertanian di Jawa Tengah, dalam Buletin Enjiniring Pertanian: 1 (1): hlm. 1-8.

BPS. 2009. Survey Angkatan Kerja Nasional (Sakernas). Agustus 2009.

BPS. 2004. Survey Angkatan Kerja Nasional (Sakernas). Agustus 2004.

Manuputty, Noetje . 1990. Mengapa pemuda cenderung meninggalkan usaha di sektor pertanian dewasa ini, dalam Bulletin Pusat Litbang Tenaga Kerja : 3 (14) hlm. 15-30.

Ostrom, Elinor. 1992. Crafting Institutions for Self-Governing Irrigation Sistems. San Fransisco: ICS Press.

Susilowati, dkk. 2010. Indikator Pembangunan Pertanian dan Perdesaan Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Padi. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian.

Supriyati dkk. 2004. dalam. http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/pros-06_2004.pdf diakses tanggal 14 Januari 2010 jam 10.25 Dinamika Ketenagakerjaan, Penyerapan Tenaga Kerja dan Sistem Hubungan Kerja.

Widodo,dkk. 2009. Pengembangan Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Perdesaan: Studi Kasus Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Solok. Jakarta: PPK- LIPI

Website

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/12/22/19523262/LIPI.Indonesia.Menuju.Deindustrialisasi-8 diakses tanggal 22 Desember 2010 jam 10.45.

Copyright (c) 2017 Masyarakat Indonesia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.