MEMBANGUN PEREKONOMIAN INDONESIA YANG INKLUSIF DAN BERKELANJUTAN

Siwage Dharma Negara

Abstract

Perekonomian Indonesia sedang menghadapi tantangan besar. Tantangan ini terkait upaya mengubah pola pertumbuhan ekonomi yang sarat tergantung pada sumber daya alam yang berlimpah dan upah tenaga kerja yang murah, menjadi pola pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif (inclusive growth) serta ramah lingkungan dan berkelanjutan (green growth). Pertumbuhan yang inklusif didefinisikan sebagai pertumbuhan yang tidak hanya menghasilkan peluang ekonomi, tetapi juga menjamin akses yang adil bagi seluruh anggota masyarakat terhadap peluang ekonomi yang tercipta. Pertumbuhan yang inklusif memungkinkan semua anggota masyarakat untuk berpartisipasi dan mengambil manfaat dari pertumbuhan dan pembangunan ekonomi atas dasar kesetaraan terlepas dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda (Hill, Khan, Zhuang 2012: 2)

Pertumbuhan yang inklusif perlu disertai dengan pertumbuhan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Pertumbuhan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan didefinisikan sebagai strategi pertumbuhan yang memperhatikan keseimbangan lingkungan dan ekosistem dalam jangka panjang. Strategi pertumbuhan ini tidak hanya mengejar target pertumbuhan yang tinggi,

tetapi lebih menitikberatkan pada upaya mengurangi emisi karbon, mencapai ketahanan energi melalui pengembangan renewable energy, mengelola sumber-sumber daya termasuk hutan, tanah dan air secara cermat untuk menghindari kerusakan lingkungan dan menjaga ketersediaan sumber daya bagi generasi yang akan datang sekaligus menciptakan kesempatan ekonomi dan meminimalisasi dampak sosial yang negatif.

Full Text:

PDF

References

Buku & Laporan

Booth, Anne, 1998. The Indonesian Economy in the Nineteenth and Twentieth Centuries: A History of Missed Opportunities. London: Macmillan.

FAO, 2010. Global Forest Resources Assessment.

Hausmann, R., D. Rodrik, and A. Velasco. 2005. Growth Diagnostic. Cambridge, MA: John F. Kennedy School of Government, Harvard University.

H. Hill, M.E. Khan and J. Zhuang (eds). 2012. Diagnosing the Indonesian Economy: Toward Inclusive and Green Growth. London: Anthem Press for the Asian Development Bank.

World Bank, 1993. The East Asian Growth Miracle: Economic Growth and Public Policy, Oxford: Oxford University Press.

World Bank, 2007. Indonesia and Climate Change.

World Bank, 2012. Protecting Poor and Vulnerable Households in Indonesia.

Website

Kementerian Keuangan, 2013, Jumlah Penduduk Miskin dan Anggaran Kemiskinan, http://www.anggaran.depkeu.go.id/dja/edef-seputar-list.asp?apbn=miskin. Diunduh 2 Agustus 2013.

http://siteresources.worldbank.org/INTINDONESIA/Resources/226271-1170911056314/3428109-1174614780539/PEACEClimateChange.pdf. Diunduh 2 Agustus 2013.

http://www.ausaid.gov.au/countries/eastasia/indonesia/Documents/prsp-report-protecting-poor-ipm.pdf. Diunduh 2 Agustus 2013.

Copyright (c) 2016 Masyarakat Indonesia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.