
 163

DDC: 306.2
DARI REPRESI POLITIK KE JERATAN KAPITAL:             

PRAKTIK SWASENSOR DI HARIAN KOMPAS DALAM 
MEWACANAKAN TOLERANSI BERAGAMA

FROM POLITICAL REPRESION TO CAPITAL TRAP:                       
THE PRACTICES OF SELF-CENSHORSHIP IN KOMPAS DAILY-

NEWS IN DISCOURSING RELIGIOUS TOLERANCE

Ahmad Arif 
Harian Kompas

Email: arifkompas@gmail.com

ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk memahami sikap harian Kompas dalam memberitakan persoalan 

kebebasan beragama dan toleransi, dua unsur penting dalam kehidupan demokrasi. Untuk menggali 
permasalahan tersebut, pertama-tama penulis menganalisis pemberitaan kasus Saeni, pedagang makanan 
yang dagangannya disita Satuan Polisi Pamong Praja Kota Serang, Banten karena berjualan di bulan 
Ramadhan. Berita di harian Kompas tentang ini kemudian mendapat protes dari Forum Pembela Islam. 
Sejak itu koran ini tidak memberitakannya lagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasus ini sudah 
terjadi berulang yang menunjukkan setelah era Reformasi, harian Kompas tetap mempertahankan praktik 
swasensor dalam pemberitaan mereka terkait isu-isu agama. Temuan ini melengkapi penelitian sebelumnya, 
bahwa setelah jatuhnya Orde Baru pada tahun 1998, media di Indonesia belum sepenuhnya bebas terkait 
perannya dalam proses demokratisasi (Nugroho, 2012; Lim, 2011; Tapsell, 2012; dan Haryanto, 2011; 
Steele, 2011). Swasensor yang telah menjadi habitus media ini sejak Orde Baru terus dipertahankan 
sekalipun arenanya telah berubah. Jika dulu swasensor dilakukan dalam rangka menyiasati represi Orde 
Baru, saat ini hal itu dilakukan demi melayani kepentingan bisnis media dan kelompok usahanya. 
Kata kunci: kebebasan beragama, toleransi, media, swasensor, ekonomi politik 

ABSTRACT
This paper aims to understand the daily attitude of Kompas in preaching the issue of freedom of 

religion and tolerance, two important elements in the life of democracy. To explore the problem, the 
writer first analyzed the news of Saeni case, the food merchant that his merchandise was confiscated 
by the Civil Service Police Unit of Serang City, Banten for selling in Ramadan. News in Kompas daily 
about this then got a protest from Forum Pembela Islam. Since then this newspaper did not preach it 
anymore. The results of this study indicate that this case has been repeated that after the Reformasi era, 
Kompas daily keeps the practice of self-censorship in their reporting on religious issues. These findings 
complement the previous study, that after the fall of the New Order in 1998, the media in Indonesia has 
not been entirely independent of its role in the democratization process (Nugroho, 2012; Lim, 2011; 
Tapsell, 2012; and Haryanto, 2011; Steele, 2011). The swasensor that has been the habitus of this media 
since the New Order continues to be maintained even though the arena has changed. If formerly self-
censorship was done in order to deal with New Order repression, now it is done to serve the interests of 
media business and business groups.
Keywords: freedom of religion, tolerance, media, self-censorship, political economy.



164 │  Masyarakat Indonesia, Vol. 43 No.2, Desember 2017

PENDAHULUAN
Kamis, 16 Juni 2016, rombongan Front Pembela 
Islam (FPI) yang dipimpin Munarman dan 
Sekjen Forum Umat Islam KH Al Khaththath 
mendatangi kantor harian Kompas di Palmerah, 
Jakarta. Sesuai surat audiensi yang dikirim FPI 
sebelumnya, maksud kedatangan mereka adalah 
mempertanyakan kebijakan redaksi grup media ini 
terkait pemberitaan kasus Saeni, pemilik warung 
makan yang dagangannya disita oleh Satuan Polisi 
Pamong Praja di Kota Serang, Banten karena 
berjualan di bulan Ramadhan. Dalam pertemuan 
ini, yang rekamannya bisa dilihat di media 
sosial youtube.com, Munarman menyebutkan, 
dari tanggal 11 Juni - 15 Juni, kelompok media 
Kompas telah menurunkan 350 berita perihal 
Saeni dengan bingkai negatif, menyakiti, dan 
menyinggung umat Islam. Menurut Munarwan, 
Kompas telah bias dalam pemberitaannya, karena 
mempersoalkan peraturan daerah yang ditujukan 
melindungi umat Islam dalam menjalankan ibadah 
puasa. Munarwan juga menuduh Kompas telah 
menggunakan narasumber yang tidak kompeten 
dalam mempersoalkan Syari’at Islam, termasuk 
di antaranya adalah intelektual muda Nahdhatul 
Ulama (NU) dan kalangan artis. 

Setelah menyampaikan tuduhan-tuduhannya 
terhadap Kompas, Munarman menghimbau 
Kompas  agar tidak melewati batas. Dia 
mengingatkan kejadian tahun 1997 dimana 
Kompas pernah menandatangani perjanjian untuk 
tidak menyakiti umat Islam. Munarman kemudian 
menyebutkan, peristiwa kerusuhaan etnis 1998 
bisa berulang, bahkan bisa lebih parah karena 
melibatkan persoalan agama. Jika itu terjadi, 
Kompas bisa menjadi sasarannya karena telah 
dipersepsikan oleh sebagian masyarakat sebagai 
“Komando Pastur.” “Kami tidak menuntut Anda 
membela Islam, tetapi adil dan proporsional-lah. 
Jangan melewati garis batas. Proporsional dan 
profesional,” sebut Munarwan. 

Menghadapi tuduhan ini, para pimpinan 
Kompas terlihat mengalah. Kepada Munarman 
dan kawan-kawannya ini, Pemimpin Redaksi 
harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan: 
“Kalau memang dirasa sudah kebablasan, kasih 
tahu lah…”. Perwakilan Kompas TV, yang juga 
ada di video, menyampaikan hal senada:  “..
bahwa tadi ada himbauan mungkin kebablasan 
di tengah cara kami, rutinitas kami, kami jadikan 
betul pelajaran.” Setelah kedatangan FPI ini, 
harian Kompas tidak pernah lagi menulis tentang 

kasus Saeni, demikian juga Kompas.com dan 
Kompas TV. Hal ini menunjukkan bahwa tekanan 
FPI ke Kompas terbukti cukup efektif dalam 
menghentikan upaya koran ini mewacanakan 
persoalan toleransi dalam praktik keagamaan. Dari 
penelusuran yang dilakukan, berhentinya Kompas 
memberitakan kasus terkait keagamaan setelah 
adanya protes FPI atau kelompok-kelompok 
agama ini, sebenarnya telah berulangkali terjadi. 

Fenomena ini menarik untuk dikaji lebih 
jauh, terutama jika dikaitkan dengan praktik 
jurnalistik di Indonesia setelah tumbangnya 
Orde Baru dan menguatnya radikalisme agama. 
Beberapa peneliti memang pernah melakukan 
kajian tentang kebebasan media di Indonesia 
pasca Orde Baru. Namun demikian, kebanyakan 
mengkaji kaitan antara media dengan kekuasan 
negara atau kelompok bisnis. Bagaimana suatu 
media dengan oplah terbesar di Indonesia 
seperti Kompas ini tunduk terhadap kekuatan 
kelompok Islam radikal seperti FPI, belum pernah 
dikaji secara mendalam. Artikel ini bertujuan 
untuk memaparkan bagaimanakah praktik 
swasensor yang terjadi di Harian Kompas dalam 
mewacanakan toleransi beragama. 

Kajian tentang dinamika media di Indonesia 
setelah Orde Baru sejauh ini telah cukup banyak 
dilakukan dan secara garis besar terbagi dalam dua 
mainstream, yaitu yang menggunakan pendekatan 
ekonomi politik dan pendekatan cultural studies. 
Pendekatan ekonomi politik berargumen bahwa 
faktor utama yang mempengaruhi proses 
pembuatan berita adalah agenda politik dan bisnis 
pemilik media serta kepentingan pasar. 

Studi dari Sudibyo dan Patria (2013), 
misalnya, menjelaskan bagaimana pemilik modal 
dan pemerintah berkolaborasi untuk mengontrol 
televisi di Indonesia untuk kepentingan ekonomi 
dan politik mereka. Kontrol ini diwujudkan 
melalui Undang-undang Nomor 32/2002 tentang 
Penyiaran, yang mengatur kepemilikan frekuensi 
media televisi. Udang-undang ini juga memberikan 
otoritas kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 
untuk mengatur praktik penyiaran di Indonesia. 
Aturan ini dianggap telah mengembalikan 
otorianisme di era Orde Baru dan membuka 
peluang simbiosis mutualisme antara pemerintah 
dan pebisnis. Selain itu, pembatasan frekuensi 
media penyiaran juga menyebabkan media hanya 
bisa dimiliki oleh sedikit orang. 

Studi lainnya, yang dilakukan oleh Nugroho 
(2012) dan Lim (2011) juga menemukan adanya 



Dari Represi Politik ke Jeratan Kapital... (Ahmad Arif) │ 165

simbiosis antara negara dan media-media kapitalis 
di Indonesia. Dengan melakukan pemetaan 
industri media, keduanya menyampaikan argumen 
senada tentang adanya konsentrasi kepemilikan 
media di tangan semakin sedikit pemilik modal. 
Praktik ini didukung oleh kebijakan negara.  
Menurut keduanya, orientasi ke pasar telah 
menjadi dasar dari produksi media di Indonesia. 
Rating dan keterbacaan menjadi ukuran utama dari 
produksi sebuah berita, bukan pada perlu tidaknya 
publik terhadap informasi itu. Hasilnya adalah, 
berita yang diproduksi media kerap dianggap 
tidak mempresentasikan kepentingan publik 
bahkan kerap dimanipulasi untuk kepentingan 
ekonomi politik pemilik media.

Ketika studi-studi dengan pendekatan 
ekonomi politik ini lebih terfokus pada 
landskap media di Indonesia di level makro, 
sejumlah peneliti lain, seperti Tapsell (2012) 
dan Haryanto (2011) mencoba menggunakan 
pendekatan ekonomi politik untuk melihat 
praktik jurnalisme di level mikro. Dengan 
mewancarai wartawan koran yang berbeda di 
waktu yang berbeda, keduanya menemukan 
kesimpulan serupa bahwa pemilik media, 
yang memiliki kepentingan ekonomi politik, 
secara substansial telah mengintervensi ruang 
redaksi sehingga membentuk sikap swasensor di 
kalangan jurnalisnya. Dengan meneliti lima koran 
yang dimiliki sosok politikus-pebisnis (Jurnal 
Nasional yang dimiliki Presiden SBY, Media 
Indonesia yang dimiliki Surya Paloh, Surabaya 
Pos yang dimiliki Bakrie, Jawa Pos yang dimiliki 
Dahlan Iskan, dan Jakarta Globe yang dimiliki 
Mochtar Riyadi), Tapsell mengidentifikasi adanya 
kontrol langsung pemilik modal ke pemimpin 
redaksi. Lalu, pemimpin redaksi memberikan 
instruksi langsung ke redaktur pelaksana, dan 
berikutnya ke editor yang kemudian meneruskan 
ke para wartawannya. Model kontrol inilah yang 
melanggengkan praktik swasensor. Sementara itu, 
dengan meneliti dua koran (majalah Lippo dan 
Suara Pembaharuan) dan dua televisi, Haryanto 
menemukan kesimpulan yang sama bahwa 
pemilik media yang juga pebisnis mempengaruhi 
pemberitaan medianya masing-masing untuk 
kepentingan ekonomi-politik mereka.  

Berbeda dengan kajian ekonomi-politik, 
culture studies beranggapan bahwa konstruksi 
berita di media massa tidak dideterminasi oleh 
ekonomi, namun merupakan proses yang sangat 
kompleks yang melibatkan banyak faktor, baik  

internal media (rutinitas ruang redaksi/organisasi) 
maupun juga faktor eksternal. Dalam pandangan 
cultural studies, keberadaan media tidak bisa 
dilepaskan dari kepentingan (ideologi) (referensi). 
Studi dengan pendekatan ini di Indonesia bisa 
dilihat dari studi Hanitzcsh (2005; 2006). Berbeda 
dengan para penganut pendekatan ekonomi 
politik, studi yang dilakukan Hanitzcsh (2005; 
2006) menunjukkan bahwa, faktor budaya lebih 
dominan dalam mempengaruhi praktik jurnalisme 
di Indonesia. Artikel pertamanya, yang berjudul 
“Journalist di Indonesia: Educated but Timid 
Watchdogs” ditulis berdasarkan survei yang 
dilakukan terhadap 385 wartawan di Jakarta 
(50% dari total responden), Yogyakarta (25% 
dari total responden), dan Sumatera Utara (25% 
dari total responden). Dia menemukan bahwa 
wartawan di Indonesia cenderung berorientasi 
untuk menyampaikan informasi secara netral dan 
objektif, dibandingkan menjadi anjing penjaga 
(watchdog) yang kritis. Orientasi wartawan 
Indonesia ini meliputi,”getting information to 
the public neutrally and precisely”, “depicting 
reality as it is”, “staying away from stories with 
unverified content” and “getting information 
to the public quickly” (Hanitzsch, 2005: 498). 
Berdasarkan temuan ini, Hanitzsch menyimpulkan, 
kencenderungan media di Indonesia yang tidak 
kritis ini telah dipengaruhi oleh budaya Jawa, 
khususnya di Yogyakarta. Dia juga berargumen 
bahwa praktik suap, termasuk pemberian amplop 
yang lazim ditemui di kalangan wartawan di 
Indonesia, berakar dari budaya Jawa “sungkan.”

Dalam art ikel  keduanya,  “Mapping 
Journalism Culture: a Theoretical Taxonomy 
and Case Studies from Indonesia”, Hanitzcsh 
(2006) menguatkan argumennya, bahwa media 
di Jawa dan wartawan dari Jawa, cenderung 
lebih hati-hati dalam menyampaikan pesan, dan 
ini yang membuat berita mereka tidak kritis. 
Mereka cenderung tidak setuju untuk menjadikan 
jurnalisme sebagai watchdog yang kritis.    

Pendekatan ini dianggap belum bisa 
menjelaskan bagaimana budaya benar-benar 
memengaruhi praktik jurnalisme sehari-hari. 
Apakah benar, wartawan-wartawan yang 
tidak kritis berasal dari Jawa? Lagi pula, Jawa 
yang mana? Menggeneralisasi Jawa sebagai 
Yogyakarta, juga tidak bisa dibenarkan. Selain 
itu media yang mana? Jika yang dimaksud 
Hanitzcsh adalah koran Kompas, argumennya 
masih bisa diterima, mengingat koran ini memang 



166 │  Masyarakat Indonesia, Vol. 43 No.2, Desember 2017

didominasi orang-orang dari Yogyakarta dan 
sekitarnya. Tetapi, jika bicara majalah Tempo dan 
koran Jawa Pos misalnya, sekalipun sama-sama 
berbasis di Jawa, kedua media ini memiliki basis 
budaya yang berbeda dengan Kompas. 

S tud i  Wi j ayan to  (2015)  mencoba 
mempertajam pendekatan Hanitzcsh (2005; 
2006) ini dengan melakukan penelitian etnografi 
di lingkup media yang lebih spesifik. Wijayanto 
memilih mengamati praktik jurnalisme di ruang 
redaksi koran Kompas dalam kurun Januari 
hingga Oktober 2014, yang kemudian diikuti 
dengan wawancara mendalam terhadap para 
aktor di koran ini. Wijayanto menemukan bahwa, 
“rasa”—roso dalam bahasa Jawa dan merupakan 
nilai penting dalam kebudayaan ini—menjadi 
dasar bagi praktik swasensor di harian Kompas. 
Yang menarik dari studi Wijayanto, dia mencoba 
lepas dari argumen “kebudayaan” sebagai faktor 
satu-satunya yang melatari produksi berita di 
Kompas. Akan tetapi, dia juga mengemukakan 
bahwa sekalipun rasa jelas merupakan elemen 
kebudayaan, namun, hal ini sebenarnya dilakukan 
untuk menyembunyikan agenda ekonomi politik 
Kompas sebagai media yang dimiliki oleh 
kelompok minoritas di Indonesia. 

Kajian Wijayanto ini mengikuti saran Toby 
Miller (2008), yang menyarankan model “Media 
Studies 3.0”. Model ini mencoba keluar dari 
pendikotomian pendekatan ekonomi politik dan 
kajian budaya. Miller mendorong pentingnya 
fokus pada pekerja media dengan menggabungkan 
beberapa pendekatan dalam kajian-kajian tentang 
media massa: 

Media Studies 3.0 needs must blend 
ethnographic, political-economic, and 
aesthetic analyses in a global and local way, 
establishing links between the key areas 
to cultural production around the world 
(Africa, the Americas, Asia, Europe, and 
the Middle East) and diasporic/dispossessed 
communities engaged in their own cultural 
production. (Miller, 2008,221)

Yang tidak dijelaskan Wijayanto dalam 
studinya adalah bagaimana elemen “rasa” yang 
menjadi akar dari prinsip swasensor di Kompas 
ini tertransformasi ke dalam budaya redaksi. Juga 
tidak dijelaskan bagaimana praktik swasensor ini 
terwariskan ke dalam generasi baru Kompas, yang 
bergabung dengan media ini setelah periode 1998. 

Penu l i s  menggabungkan  beberapa 
pendekatan, yaitu analisis wacana kritis terhadap 

teks di Kompas dan membandingkannya dengan 
media lain. Selain itu, juga dilakukan pengamatan 
sehari-hari, serta wawancara mendalam dengan 
para aktor di ruang redaksi. Belakangan, studi 
yang bersifat integratif telah dilakukan dengan 
memanfaatkan masing-masing keunggulan dari 
pendekatan ekonomi politik dan budaya. Hasilnya 
adalah kesadaran terhadap pentingnya kekuatan 
pembingkaian teks dan pemahaman bahwa teks 
harus dilihat dalam kaitannya dengan budaya 
yang hegemonik, dan pencarian perspektif yang 
baru tentang pengaruh ekonomi politik dalam 
produksi teks (Fenton, 2007). Dalam penelitian 
ini, penulis mengambil sikap bahwa konstruksi 
berita di media dipengaruhi oleh berbagai 
faktor—ekonomi politik menjadi salah satunya, 
namun tidak dalam artian yang deterministik. 
Faktor lain, seperti budaya organisasi dan juga 
latar belakang personal tiap agen juga dianggap 
bisa mempengaruhi konstruksi berita. 

KONSTRUKSI HARIAN KOMPAS DALAM 
KASUS SAENI

Sikap hati-hati harian Kompas dalam memberitakan 
kasus Saeni terlihat sejak dari keterlambatan 
mereka mengangkat isu ini dibandingkan dengan 
media lain, bahkan dibandingkan dengan media 
dalam grupnya sendiri, yaitu Kompas TV dan 
Kompas.com. Sikap ini dimulai sejak dari 
wartawan yang bertugas di lapangan. Bima1, 
wartawan harian Kompas yang bertugas di 
wilayah Kota Serang, mengatakan, “Awalnya 
yang memberitakan persoalan Saeni ini adalah 
televisi lokal Baraya TV dan Kompas TV. Saat itu 
saya berpikir ini kasus sensitif, sehingga awalnya 
tidak tertarik untuk menulisnya. Apalagi, setahu 
saya Kompas juga jarang memuat kasus-kasus 
seperti ini...” (wawancara,  Minggu, 18 September 
2016).

Baru setelah kasus ini ramai diberitakan 
media lain dan juga media sosial, Bayu tergerak 
untuk menulis beritanya. Pada Sabtu, 12 Juni 
2016 telah menulis berita tentang Saeni dan 
mengirimnya ke redaksi Kompas, namun 
beritanya tidak diterbitkan. Bima kembali menulis 
berita tentang persoalan ini pada keesokan harinya 
karena isu ini semakin ramai diberitakan di sosial 
media maupun media-media lain. Akhirnya rapat 
redaksi di harian Kompas hari itu memutuskan 

1     Penulis mengganti semua nama informan dalam yang 
disebut dalam paper untuk alasan kode etika penelitian. 
Wawancara dilakukan pada Minggu, 18 September 2016



Dari Represi Politik ke Jeratan Kapital... (Ahmad Arif) │ 167

untuk memuat tulisan Saeni dalam bentuk soft 
news atau feature. Tulisan ini kemudian terbit di 
harian Kompas pada edisi Senin, 13 Juni 2016 di 
halaman satu. Tulisan kedua dalam bentuk berita 
terbit pada Selasa, 14 Juni 2016 di halaman 2 
dengan judul “Presiden: Perkuat Toleransi.” 
Pada hari yang sama, Kompas juga menulis 
tajuk rencana atau editorial di halaman 6 dengan 
judul: “Pelajaran dari Saeni.” Berikut analisis 
pembingkaiannya:

Bingkai Saeni sebagai Korban
Artikel pertama yang akan dibahas adalah 
tulisan soft news yang ditulis diterbitkan pada 
Senin, 13 Juni 2016. Artikel ini terbit di halaman 
pertama harian Kompas, di pojok bawah yang 
biasa dikhususkan untuk menampung tulisan-
tulisan soft news yang bernuansa kemanusiaan. 
Penempatannya di halaman satu dilengkapi foto, 
menunjukkan bahwa artikel ini dianggap penting 
disajikan. 

 Dalam artikel ini terlihat bahwa Kompas 
sejak awal membingkai Saeni sebagai korban. Ini 
terlihat misalnya dalam penggunaan beberapa 
ungkapan (metaphors), seperti “bayangan razia” 
yang “menghantui” Saeni akibat razia yang 
dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja 
Serang pada Rabu (8/6). Disebutkan juga tentang 
Saeni yang “hilang akal” untuk menggambarkan 
bahwa dia ketakutan. Bingkai ini dikuatkan 
dengan banyaknya kalimat (cathprases) yang 
mendeskripsikan kesedihan Saeni saat Satpol 
PP mengambil dagangannya. Beberapa ilustrasi 
dipakai untuk menggambarkan suasana itu, 
“Saeni hanya bisa mengiyakan sambil menangis 
saat petugas satpol PP membungkusi makanan di 
warungnya dengan plastik…” Pembingkaian ini 
juga terlihat dengan pemberian label (depiction) 
bahwa Saeni adalah sosok orang kecil yang 
polos dan tidak mengetahui kalau dia melanggar 
larangan berjualan yang diedarkan Pemkot 
Serang dan ditempel di bagian depan warungnya. 
Beberapa contoh (exemplar) untuk menguatkan 
label ini bisa dilihat dalam kalimat berikut: 
”Saya tak tahu. Tidak bisa baca. Hanya pernah 
duduk di kelas I SD (sekolah dasar) selama 
enam bulan.” Ketidaktahuan dan kepolosan 
Saeni dihadapkan pada sosok petugas Satpol 
PP yang kejam, sehingga saat Saeni, “….minta 
supaya makanan saya jangan dibawa. Mungkin 
lima kali saya meminta, tetapi tidak dipenuhi.” 
Pemberian keterangan tentang sosok Saeni, 

“yang sesekali masih terisak saat menceriterakan 
peristiwa tersebut”, melengkapi gambarannya 
sebagai korban. Sedangkan penggambaran Saeni 
sebagai sosok orang kecil terlihat dalam deskripsi 
berikut,”… Warung dan tempat tinggal Saeni 
dan Alex yang dikontrak Rp 10 juta per tahun 
itu berukuran 5 x 20 meter. Bagian depan untuk 
warung makanan. Tembok terlihat kusam dan 
lembab. Di tempat itu hanya ada satu kamar yang 
disekat dengan asbes. Bagian tengah bangunan 
digunakan sebagai dapur.”

Dengan menggunakan alat-alat bingkai 
tersebut di atas, sebagai korban dari Satpol PP 
Kota Serang, Saeni layak mendapat simpati 
publik, terutama dari kalangan netizen. Inilah 
yang menjadi root dari artikel ini, yaitu publik 
layak mendukung Saeni dan mengecam Satop PP 
Kota Serang. Dukungan terhadap Saeni, semakin 
dikuatkan oleh adanya informasi tentang dua 
orang yang mengaku sebagai utusan Presiden 
Joko Widodo dan kemudian menyerahkan uang 
Rp 10 juta. 

Namun demikian, sebagaimana umumnya 
gaya Kompas, tulisan ini juga mengutip pendapat 
dari pihak yang berseberangan. Dalam hal 
ini, Wali Kota Serang Haerul Jaman yang 
mengatakan, “…Satpol PP Kota Serang hanya 
melaksanakan tugas. Razia itu dilakukan untuk 
menghargai bulan puasa sebagai penerapan 
toleransi antar-umat beragama. Imbauan kepada 
pedagang juga sudah disampaikan beberapa hari 
sebelumnya.” Sementara itu, Kepala Satpol PP 
Kota Serang Maman Lutfi menyebutkan,”....
mengenai alasan dilakukannya razia itu sebagai 
bagian menegakkan Peraturan Daerah Kota 
Serang Nomor 2 Tahun 2010 tentang Pencegahan, 
Pemberantasan, dan Penanggulangan Penyakit 
Masyarakat.” Walaupun tidak secara lugas, 
Kompas mencoba mengritik pendapat dua pejabat 
daerah ini melalui, kutipan pendapat Menteri 
Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang meminta 
agar kepala daerah dan satpol PP agar tak 
bertindak berlebihan dalam menjaga kekhusyukan 
umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa. 
Setiap kebijakan atau tindakan yang diambil 
hendaknya tetap mengedepankan prinsip saling 
menghormati. Pendapat Tjahjo Kumolo yang 
ditempatkan dibagian akhir artikel ini menajdi 
appeal to principle atau alat untuk menyimpulkan 
(consequences), bahwa peraturan daerah ini 
bermasalah. 



168 │  Masyarakat Indonesia, Vol. 43 No.2, Desember 2017

Bingkai Revisi Perda Intoleran
Setelah tulisan ini, pada Selasa, 14 Juni 2016, 
harian Kompas kembali menulis berita tentang 
Saeni dengan memberi konteks lebih luas. 
Berita di halaman 2 koran ini yang ditulis oleh 
gabungan oleh lima wartawan unu diberi judul 
Presiden: Perkuat Toleransi. Pada hari yang sama, 
di halaman 6 koran ini dimuat tajuk rencana atau 
editorial dengan judul Pelajaran dari Saeni. Kedua 
artikel ini, baik berita ataupun tajuk rencana, 
menunjukkan kesamaan bingkai. Tajuk rencana 
merupakan pandangan atau opini dari para 
pemimpin koran ini, sehingga bisa menjelaskan 
lebih gamblang sikap koran ini terkait kasus 
Saeni. Berikut analisis framing terhadap kedua 
artikel ini.

 Berita berjudul “Presiden: Perkuat 
Toleransi” membingkai kasus Saeni sebagai 
contoh buruk dari keberadaan peraturan daerah 
bermasalah karena mengancam toleransi hidup 
berbangsa. Beberapa ungkapan (metaphors) 
yang dipakai untuk memperkuat bingkai ini 
misalnya “bangsa yang majemuk” dan “semangat 
kebhinekaan dan persatuan.” Berita ini juga 
banyak mengutip frasa-frasa (cathprases) toleransi 
dan persaturan, seperti dalam kalimat, “Presiden 
Joko Widodo menyerukan, Indonesia sebagai 
bangsa yang majemuk harus memperkuat diri 
dengan semangat toleransi dan persatuan. 
Semangat itu akan makin memperkokoh 
masyarakat Indonesia dalam menghadapi 
tantangan bangsa ke depan.” Untuk mencapai hal 
ini, “…pemerintah membatalkan 3.143 peraturan 
daerah (perda) dan peraturan kepala daerah 
karena menghambat Indonesia memenangkan 
kompetisi serta bertentangan dengan semangat 
kebhinekaan dan persatuan.” Dalam artikel ini, 
secara eksplisit dicontohkan bahwa, kasus Saeni 
bisa mengancam toleransi, “Secara konkret, 
Lukman meminta rumah/warung makan yang 
pada bulan Ramadhan tetap buka pada siang hari, 
untuk melayani umat yang tidak berpuasa, ditutup 
dengan menggunakan tirai seperti yang selama 
ini berjalan. Menurut dia, rumah/warung makan 
adalah sumber pendapatan bagi pemiliknya dan 
itu harus dipahami semua orang.”

Dengan menggunakan alat-alat bingkai 
tersebut di atas, terlihat bahwa artikel ini 
ingin mengemukakan argumen bahwa kasus 
yang dialami Saeni adalah contoh buruk dari 
pemberlakukan Perda yang bisa mengancam 
“semangat toleransi dan persatuan”. Lebih 

lanjut dijelaskan bahwa, perda-perda yang 
beramasalah ini kerap lahir untuk pencitraan dan 
pemenuhan janji politik kepala daerah dan DPRD 
ke pemilihnya. Inilah yang menjadi root atau 
argumen utama dari artikel ini. Dengan mengutip 
Presiden, artikel ini ingin mengemukakan (appeal 
to principle) bahwa, pembatalan perda-perda 
ini harus dilakukan. Jadi jelas sekali, tulisan ini 
hendak mengajak pembaca (consquences) untuk 
memahami alasan logis di balik kenapa pemerintah 
perlu “…membatalkan 3.143 peraturan daerah 
(perda) dan peraturan kepala.” 

Sikap Kompas terkait persoalan ini memang 
konsisten menentang Perda bermasalah yang 
dianggap berpotensi mengancam semangat 
kebhinekaan dan toleransi antar pemeluk agama. 
Sikap ini juga tercermin dalam editorial atau tajuk 
rencana Kompas yang juga terbit pada hari yang 
sama. Berikut kutipan dalam editorial ini:

Kisah Saeni mungkin saja terjadi di daerah 
lain. Kehadiran pemerintah pusat itu penting, 
bahkan amat penting, untuk menyampaikan 
sinyal kepada daerah lain agar masalah 
itu tidak menular. Pemerintah pusat harus 
berani mengoreksi secara terbuka jika ada 
tindakan dari pemerintah daerah yang tidak 
sejalan dengan konstitusi dan dalam bingkai 
Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Tajuk 
Rencana Kompas, 14 Juni 2016 di halaman 6)

Bisa disimpulkan bahwa tiga artikel yang 
dimuat harian Kompas, baik dalam bentuk 
berita hard news, soft news, ataupun editorial 
secara konsisten menunjukkan bahwa koran ini 
tidak menyetujui tindakan Satpol PP Serang 
menyita barang dagangan Saeni. Lebih dari itu, 
harian Kompas bersikap mendorong pembatalan 
sejumlah perda bermasalah, yang dianggap bisa 
mengancam tolerasi dan semangat pluralisme. 
Bingkai ketiga artikel ini juga tidak menunjukkan 
adanya sentimen terhadap agama tertentu, 
sehingga tuduhan adanya bingkai anti-Islam, 
sebagaimana tuduhan FPI, senarnya tidak 
ditemukan.

Sekalipun memiliki sikap yang jelas, 
peliputan Kompas ini belum mendalam dan 
tidak mengungkap lebih jauh tentang kepentingan 
ekonomi politik di balik peristiwa ini. Pernyataan 
tentang “perda-perda yang beramasalah ini kerap 
lahir untuk pencitraan dan pemenuhan janji politik 
kepala daerah dan DPRD ke pemilihnya”, tidak 
diikuti dengan bukti-bukti cukup kuat, akan 
tetapi hanya berupa kutipan belaka. Ketiga artikel 



Dari Represi Politik ke Jeratan Kapital... (Ahmad Arif) │ 169

Kompas masih terjebak pada kecenderungan 
media di Indonesia yang lebih menyukai mengutip 
ucapan atau pendapat orang, terutama pejabat 
resmi, bahkan sekalipun ucapan itu diketahui 
tidak benar, persis seperti dikritik oleh Steele 
(2011). 

Sikap Kompas dan Media Lainnya 
terhadap Tekanan FPI
Selain tidak adanya itikad untuk melakukan 
peliputan lebih mendalam, sikap Kompas yang 
semula kritis dalam kasus razia terhadap barang 
dagangan Saeni, justru berubah total setelah 
kedatangan FPI ke kantor redaksinya. Selain 
itu, tidak terlihat adanya upaya Kompas untuk 
membantah tudingan FPI yang menyebar luas, 
baik melalui media-media online yang mendukung 
mereka maupun media sosial. Kompas juga 
terlihat tidak berupaya mendudukkan perkara 
mengenai tudingan FPI bahwa Saeni merupakan 
orang kaya yang memiliki tiga warung. Padahal, 
tudingan ini jelas ditujukan untuk melemahkan 
simpati publik kepada Saeni yang semula 
dibingkai harian Kompas sebagai “korban.”  

Alih-alih melakukan peliputan yang 
lebih mendalam sesuai sikap awalnya untuk 
menyuarakan multikulturalisme, Kompas 
kemudian menghentikan seluruh pemberitaannya 
terkait Saeni. Padahal, peristiwa Saeni ini 
sebenarnya juga banyak diberitakan oleh grup 
media mainstream lain di Indonesia, baik televisi, 
online, maupun cetak dengan bingkai serupa 
dengan yang ditampilkan Kompas. 

Berikut ini beberapa media online yang 
beritanya memiliki bingkai serupa harian Kompas, 
yaitu Saeni sebagai korban dan mendorong 
pembatalan perda intoleran:

Pada tabel 1 tampak bahwa delapan media 
online komersial di Indonesia cenderung 
membingkai persoalan Saeni serupa dengan yang 
dilakukan harian Kompas. Bahkan, republika.
co.id yang dikenal memiliki pembaca dari 
kalangan muslim, secara eksplisit juga menyebut 
Saeni sebagai korban. Misalnya, pada tanggal 13 
Juni 2016, media online ini menulis: “Johan (juru 
bicara presiden) menegaskan bantuan presiden 
khusus kepada Saeni yang menjadi korban razia 
satpol PP karena warungnya tetap buka pada 
siang hari.”  Penggunaan kata “korban” ini 
jelas menunjukkan bahwa media yang dianggap 
merepresentasikan aspirasi umat muslim itu juga 
turut mengkritik razia satpol PP atas warung Saeni. 

Konsisten dengan pemberitaan itu, republika.co.id 
juga memberi ruang bagi wacana revisi perda 
Serang. Ini dilakukan dengan menurunkan berita 
usulan pihak Kemendagri untuk revisi Perda. 

Sementara itu, untuk televisi menurut kajian 
Wijayanto (2016), setidaknya ada 5 stasiun 
TV lain selain Kompas TV yang menayangkan 
kasus ini dengan perspektif membela Saeni dan 
mengritik operasi Satpol PP Kota Serang. Kompas 
TV memang paling sering menayangkan kasus 
Saeni, yaitu 14 tayangan, disusul Trans TV 12 
tayangan, TV One 4 tayangan, Berita Satu 3 
tayangan, Metro TV 2 tayangan, dan Global TV 1 
tayangan. Namun, dari segi total durasi tayangan, 
Trans TV menayangkan persistiwa ini paling 
lama, yaitu mencapai 103,38 menit, disusul Berita 
Satu selama 90,45 menit, TV One 52,8 menit, 
baru kemudian Kompas TV selama 39,39 menit, 
Metro TV 2,35 menit, dan Global TV 1,37 menit.

Sekalipun media-media lain memberitakan 
kasus ini dengan bingkai yang cenderung kritis 
sebagaimana dilakukan harian Kompas, FPI 
hanya mendatangi kantor redaksi kelompok 
media Kompas  di Palmerah Selatan dan 
mempertanyakan pemberitaan di media ini. Hal 
ini menunjukkan bahwa FPI memang menyasar 
Kompas. Sebaliknya, Kompas sendiri tunduk 
dengan tekanan FPI dengan menghentikan 
pemberitaannya tentang Saeni maupun kritik 
terkait Perda yang mengancam toleransi.

Bahkan, kedatangan FPI justru tidak 
diberitakan oleh harian Kompas. Koran ini hanya 
menampilkan foto pertemuan para pemimpin 
redaksi dan perwakilan perusahaannya dengan 
FPI pada 17 Juni 2016 di halaman 4 dengan 
keterangan foto yang hanya memaparkan 
persitiwa, tanpa pemaknaan. Dalam keterangan 
foto disebutkan,”Rombongan Front Pembela 
Islam (FPI) yang dipimpin Munarman (kiri) dan 
Sekjen Forum Umat Islam KH Al Khaththath 
mendatangi kantor Kompas Gramedia di Jakarta, 
Kamis (16/6). Mereka meminta pemberitaan 
yang lebih adil dan berimbang. Rombongan 
diterima antara lain oleh Pemimpin Redaksi 
Kompas Budiman Tanuredjo dan Direktur 
Corporate Communication Kompas Gramedia 
Widi Kristawan.” 

Respon Kompas yang cenderung mengalah 
terhadap tuntutan FPI ini, kemudian dipakai oleh 
organisasi massa ini untuk semakin memojokkan 
media ini. Melalui laman resminya, http://www.
fpi.or.id dan media sosial twitter, FPI menuliskan 



170 │  Masyarakat Indonesia, Vol. 43 No.2, Desember 2017

pertemuan mereka, termasuk link video jalannya 
pertemuan, yang intinya membenarkan kenapa 
mereka harus menekan Kompas. Beberapa media 
online lainnya, misalnya  dakwahmedia.net, 
islampos.com, portalpiyungan.com, islamedia.
id, dan arrahmah.com, turut memanfaatkan 
momentum ini untuk membangun sentimen 
Kompas sebagai anti-Islam. 

Sebaga imana  d ike lompokkan  o leh 
Hamayotsu (2013) dan Hui (2008), sebagian 
media ini digerakkan oleh kelompok-kelompok 
radikal dalam menyebarkan paham Islam radikal. 
Media arrahmah.com, misalnya, menulis tiga 
berita dengan judul; “FPI Menolak Pemberitaan 
Negatif Ramadhan oleh Kompas Group”, “Siang 
Ini Front Pembela Islam Datangi Kompas”, dan 
“Pernah Minta Maaf pada 1997, Media Katolik 
Ini Tak Pernah Berhenti Menyerang Islam.”  Tiga 

Tabel 1

No. Nama Media Judul Tanggal Terbit Bingkai

1. republika.co.id

Jokowi Beri Santunan untuk Ibu 
Penjual Warteg 13 Juni 2016 Saeni sebagai Korban
Kasus Nenek Saeni, Kemendagri 
Usul Revizi Perda di Serang 15 Juni 2016 Revisi Perda Intoleran

2.
jpnn.com (Jawa Post 
Group)

Cerita Ibu Pemilik Warteg di Serang 
Soal Serbuan Maut Satpol PP 13 Juni 2016 Saeni sebagai Korban
Punya Perda Larangan Warung 
Buka Saat Ramadhan, Siap-Siap 
Saja Dievaluasi 14 Juni 2016 Revisi Perda Intoleran

3. tempo.co.id

Ibu Penjual Nasi Dapat Bantuan 10 
Juta dari Presiden Jokowi 12 Juni 2016 Saeni sebagai Korban
Jokowi Batalkan 3.143 Perda, 
Perda Serang Tak Termasuk 13 Juni 2016 Revisi Perda Intoleran

4. detik.com

Wapres JK Bela Ibu Warteg yang 
Dagangannya Disita Satpol PP di 
Serang 13 Juni 2016 Saeni sebagai Korban
Ketua DPR Minta Perda Soal 
Razia Makanan Saat Ramadhan 
Dievaluasi 14 Juni 2016 Revisi Perda Intoleran

5. mediaindonesia.com

Wakil Presiden Dukung Saeni 12 Juni 2016 Saeni sebagai Korban
Pemerintah Bata lkan Perda 
Intoleransi 14 juni 2016 Revisi Perda Intoleran

6. viva.co.id

Penutupan Warung di Bulan 
Ramadhan Tak Perlu Represif 13 Juni 2016 Saeni sebagai Korban
Perda Larangan Jual Makanan di 
Bulan Puasa Akan Dievaluasi 13 Juni 2016 Revisi Perda Intoleran

7. okezone.com

Warteg Tetap Buka, Bu Eni: Saya 
Buta Aksara 13 Juni 2016 Saeni sebagai Korban
Selain Serang, Daerah Ini Miliki 
Perda Intoleransi 13 Juni 2016 Revisi Perda Intoleran

8. beritasatu.com

MUI: Penyitaan Warteg Saeni 
Tidak Dibenarkan 14 Juni 2016 Saeni sebagai Korban 
Ribuan Perda Dibatalkan, Mayoritas 
Terkait Masalah Toleransi 14 Juni 2016 Revisi Perda Intoleran

Sumber: Analisis penulis



Dari Represi Politik ke Jeratan Kapital... (Ahmad Arif) │ 171

berita ini dimasukkan dalam topik “Kompas 
Media Katolik” dalam laman mereka. 

Berbeda dengan media-media online berbasis 
organisasi keagamaan ini, media seperti tempo.
co.id dan detik.com cenderung berhati-hati 
memberitakan kedatangan FPI ke kantor Kompas, 
yang sebenarnya bisa dianggap sebagai tekanan 
atau represi terhadap media, sekaligus terhadap 
kebebasan beragama. Tempo online misalnya 
menulis berta pendek berjudul “Soal Razia 
Warung Makan di Serang, FPI Datangi Kompas”. 
Sedangkan Detik.Com,  hanya membuat berita 
foto dengan judul “FPI Datangi Kantor Kompas.” 
Kedua berita ini hanya memaparkan peristiwa, 
tanpa berusaha memaknainya, maupun melakukan 
peliputan lebih dalam terkait ancaman terhadap 
kebebasan media ataupun demokrasi. 

Bisa dilihat bahwa, walaupun hanya datang 
di Kompas, tekanan FPI ini juga mengubah 
lanskap pemberitaan kasus Saeni di media-
media lain di Indonesia. Persoalan Saeni pun 
bergeser pada sentimen agama tertentu, dan 
media-media di Indonesia yang semula kritis 
kemudian terkesan menarik diri, sementara 
media-media nonkomersial seperti Arrahmah.com 
memanfaatkannya untuk membangun sentimen 
anti-Islam.

Kasus Perda Larangan Pelacuran di 
Tangerang
Tunduknya Kompas terhadap tekanan FPI 
bukan sekali ini terjadi. Pada tahun 2006, harian 
Kompas juga pernah melakukan hal yang sama 
terkait pemberitaan mereka tentang Perda 
Kota Tangerang Nomor 8 Tahun 2005 tentang 
Larangan Pelacuran. Pasal 4 Ayat (1) Perda Kota 
Tangerang itu menyebutkan, “Setiap orang yang 
sikap atau perilakunya mencurigakan sehingga 
menimbulkan suatu anggapan bawa ia/mereka 
pelacur dilarang berada di jalan-jalan umum, di 
lapangan, di rumah penginapan, losmen, hotel, 
asrama, rumah penduduk/kontrakan, warung 
kopi, tempat hiburan, gedung tempat tontonan, 
di sudut-sudut jalan, atau di lorong-lorong jalan 
atau tempat lain di daerah. Mereka dikenai denda 
Rp 1.000 yang langsung dibayar kepada petugas 
Kejaksaan Negeri Tangerang yang berada dalam 
areal persidangan.”

Pada awalnya Kompas cukup intensif 
melakukan kritik terhadap Perda ini. Berita 
pertama terkait kasus ini ditulis di Kompas pada 
Rabu 1 Mare 2006 di halaman 26 dengan kasus 

seorang ibu rumah tangga yang salah tangkap 
karena penerapan Hingga 30 Agustus 2006, harian 
Kompas setidaknya menulis persoalan ini 23 
kali dalam bentuk berita dan feature. Sekalipun 
tidak melakukan investigasi tentang kepentingan 
ekonomi politik di balik penerapan Perda ini, 
namun artikel-artikel Kompas ini bernada kritis, 
misalnya  berita pada 3 Maret 2006 di halaman 1 
koran ini dengan judul, “Perda Kota Tangerang 
Tak Sesuai KUHP.” Paragraf pertama berita 
ini dengan lugas menyebutkan,”Pemberlakuan 
Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2005 tentang 
Pelarangan Pelacuran oleh Pemerintah Kota 
Tangerang sepatutnya ditangguhkan dalam 
rangka revisi. Sebab, secara substansi maupun 
acara, perda tersebut mengandung kekeliruan 
mendasar, yakni bertentangan dengan peraturan 
Kitab Undang-undang Hukum Pidana.”

Sinta, wartawan Kompas yang bertugas di 
Kota Tangerang yang menulis artikel-artikel kritis 
terkait Perda ini mengatakan sebagai berikut:

Pada awalnya kantor (Kompas) memang 
mendukung berita-berita kritis yang saya 
buat terkait Perda ini. Apalagi, banyak 
korban salah tangkap. Saya diminta untuk 
terus mengikuti hal ini oleh editor di Jakarta. 
Saya juga bersemangat, karena secara 
pribadi menurut saya, Perda ini bermasalah 
dan mendeskriditkan perempuan yang 
bekerja malam sebagai pelacur. Padahal di 
Tangerang banyak buruh perempuan yang 
kerap mendapat jam kerja malam. Apa 
semua mau ditangkap? Selain mewawancarai 
para korban salah tangkap, saya juga 
banyak mewawancarai para ahli hukum 
dan juga pihak Kementerian Dalam Negeri. 
(Wawancara pada Minggu, 25 September 
2016)

Namun kemudian, harian Kompas menjadi 
sasaran demonstrasi dan protes dari sekitar 
500 orang yang mendukung penerapan Perda 
ini. Pada tanggal 18 Maret 2006, massa yang 
mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Kota 
Tangerang berunjukrasa di kantor redaksi Kompas 
di Palmerah. Pemimpin unjuk rasa ini, TB H 
Mahdi Adhiansyah menyebutkan, pemberitaan 
Kompas yang mereka nilai tidak mendukung 
peraturan daerah (perda) tersebut. Selain itu, 
mereka menilai, dalam pemberitaan mengenai 
perda tersebut, Kompas dinilai tidak seimbang 
karena tidak pernah mengakomodasi suara 
masyarakat Tangerang yang setuju pada perda 
tersebut. Selain unjuk rasa di kantor Kompas, 



172 │  Masyarakat Indonesia, Vol. 43 No.2, Desember 2017

massa juga mengadu ke Dewan Pers (Kompas, 
18 Maret 2006, Hal. 27). Perlu dicatat, bahwa 
unjuk rasa ini sama sekali tidak menyinggung 
soal isu agama.  

Setelah unjuk rasa ini, Kompas tetap 
memberitakan kasus di Tangerang ini secara kritis. 
Bahkan, Kompas membingkai unjuk rasa massa 
ke kantornya ini sebaga bagian dari kekerasan 
terhadap media dan menulisnya dalam berita 
berjudul, “Stop Kekerasan dan Teror Terhadap 
Wartawan,” pada 25 Maret 2006 di halaman 26. 
Berita ini menyebutkan,”... Berkaitan dengan 
kedatangan sekitar 500 orang yang pro Peraturan 
Daerah (Perda) Kota Tangerang Nomor 8 Tahun 
2005 tentang Pelarangan Pelacuran ke Kompas, 
tak kurang dari delapan organisasi mengecam aksi 
yang mereka nilai sebagai bentuk intimidasi dan 
teror terhadap wartawan dan harian Kompas.”

Selain muncul kelompok pendukung Perda 
ini, di Tangerang juga muncul kelompok yang 
menentangnya. Mereka mengajukan uji materii 
atas undang-undang ini. Kompas masih terus 
mengikuti peristiwa ini, termasuk memberitakan 
bentrokan antara pendukung dan penolak Perda 
pada 20 April 2006. 

Pada Kamis 18 Maret 2006, di halaman 
25, Kompas memberitakan sidang gugatan Lilis 
Lindawati (36), korban salah tangkap dalam 
pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Tangerang 
Nomor 8/2005 tentang Pelarangan Pelacuran. 
Dalam gugatannya, Lilis menyatakan Wali Kota 
Tangerang telah melakukan perbuatan melawan 
hukum karena bawahannya menahan Lilis selama 
satu malam dan mengajukan ke sidang justisial 
dengan tuduhan tidak benar. Penahanan tanpa 
disertai surat dan pemberitahuan kepada keluarga. 
Lilis menggugat Wali Kota Tangerang sebesar 
Rp 500 juta karena merasa telah menjadi korban 
tindak sewenang-wenang dari pelaksanaan perda 
yang dinilai banyak kalangan multitafsir dan 
diskriminatif itu. Kompas kembali memberitakan 
sidang ini pada 30 Mei 2006 di halaman 27. 

Namun demikian, pada Minggu, 25 Juni 
2006, sekolompok massa yang mengatasnamakan 
Gabungan Anti Sekularisme dan Anti Kompas 
(GASAK) melakukan unjuk rasa ke kantor 
Kompas. GASAK terdiri dari 80 organisasi massa, 
antara lain Front Pembela Islam (FPI), Forum 
Betawi Rempug (FBR), Dakwah Islam, Majelis 
Ulama Indonesia, Tim Pembela Islam, dan lain-
lain. Dalam unjuk rasa ini, isu Kompas sebagai 
anti-Islam kembali dimunculkan. Mereka juga 

mengajukan somasi dan menyatakan, pemberitaan 
Kompas terkait Perda Kota Tangerang Nomor 8 
dianggap mencerminkan sikap anti-Islam koran 
ini. Dalam somasinya GASAK mengingatkan 
Kompas untuk kembali pada kesepakatan tahun 
1997 untuk tidak menurunkan berita-berita yang 
memojokan umat Islam (tempo.co.id, 25 Juni 
2006).

Setelah kedatangan GASAK ini, sikap 
Kompas terkait kasus Tangerang berubah. 
Bahkan, berbeda dengan unjuk rasa sebelumnya 
oleh Aliansi Masyarakat Kota Tangerang, 
kedatangan GASAK ini tak diberitakan di 
Kompas keesokan harinya. Kompas hanya sekali 
memberitakan kembali kasus Tangerang ini dalam 
berita pendek, Kilas Metro pada 30 Agustus 2016 
dengan judul,”Gugatan Lilis Ditolak.” Berita satu 
paragraf ini hanya mengabarkan bahwa gugatan 
Lilis, warga Tangerang yang menjadi korban 
salah tangkap pemberlakuan Perda Anti Pelacuran 
ini akhirnya ditolak oleh pengadilan. Persitiwa 
ini jelas titik balik dari serangkaian peristiwa 
yang dianggap mendeskriditkan perempuan 
ini. Namun, Kompas ternyata sama sekali tidak 
mengritisi persitiwa ini. Jelas bahwa, isu-isu 
anti-Islam yang dibawa GASAK telah memukul 
mundur Kompas, sebagaimana dituturkan Sinta 
berikut ini:

Setelah kedatangan FPI dan kawan-kawannya 
itu, saya kemudian disalahkan oleh pimpinan 
Kompas karena dianggap kurang berimbang. 
Saya juga diminta tak lagi membuat berita-
berita itu. Akhirnya dengan terpaksa saya 
tidak lagi menulis kasus itu, karena secara 
pribadi saya juga merasa terancam oleh 
pihak-pihak pendukung Perda itu, di sisi 
lain, kantor menunjukkan sikap tidak akan 
membela saya. Beberapa kali saya menemani 
wartawan asing, seperti dari BBC, yang 
hendak menulis persoalan ini. Tetapi, yang 
meyedihkan, saya tidak bebas menuliskannya 
lagi di koran sendiri. (Wawancara, Minggu, 
25 September 2016)

Perubahan sikap Kompas untuk tidak lagi 
memberitakan persoalan-persoalan Perda yang 
mengancam intoleransi, baik di Serang ataupun 
di Tangerang, menunjukkan kekalahan media 
terbesar di Indonesia ini terhadap tekanan FPI. 
Hal ini sejalan dengan pendapat Anjani, pensiunan 
wartawan senior Kompas yang banyak menulis 
soal hak-hak asasi manusia:

Sejak dulu Kompas sebenarnya selalu enggan 
dalam memberitakan persoalan agama, 



Dari Represi Politik ke Jeratan Kapital... (Ahmad Arif) │ 173

kepercayaan, etnis, dan tolerasi. Kalaupun 
memberitakan hanya parsial, tidak mendalam 
dan akan berbalik begitu ada yang protes. 
Padahal, kasus-kasus seperti ini harus diikuti 
terus dengan pendekatan jurnalistik yang 
mendalam dan investigatif. (Wawancara,  
Sabtu, 24 September 2016)

Beberapa kasus penting yang mengancam 
kebebasan dan toleransi agama dan kepercayaan 
di Indonesia yang sangat jarang ditulis Kompas, 
menurut Anjani, di antaranya pembakaran 
tempat ibadah, pengusiran dan penindasan 
penganut Syiah dan Ahmadiah di berbagai 
daerah di Indonesia dalam beberapa tahun 
terakhir. Kasus-kasus tersebut di atas, termasuk 
perubahan sikap Kompas dalam kasus Saeni, 
dengan jelas menunjukkan bahwa Kompas masih 
menerapkan praktik swasensor dalam kebijakan 
redaksionalnya. 

T E R B E N T U K N Y A  H A B I T U S                    
SWASENSOR DI HARIAN KOMPAS
Untuk memahami praktik swasensor di Kompas 
ini, penulis akan berangkat pada pendapat 
Neuman (2011) yang menyebutkan bahwa 
tujuan dari penelitian dengan paradigma kritis 
adalah untuk membongkar mitos atau ilusi 
yang tersembunyi guna menemukan “the real 
structures.” Ini didasari oleh asumsi bahwa 
realitas yang teramati dianggap sebagai realitas 
semu yang telah terbentuk oleh proses sejarah dan 
kekuatan sosial, budaya, dan ekonomi politik yang 
berlapis-lapis yang dikendalikan oleh struktur 
yang tersembunyi. Upaya untuk membongkar 
mitos ini dilakukan berdasarkan konteks sejarah. 
Maka, bagian ini akan dimulai dengan penelusuran 
sejarah Kompas dan latar ekonomi politik yang 
membentuk sikap redaksinya.

Harian Kompas dilahirkan pada pertengahan 
tahun 1965, di zaman yang sangat bergolak 
dalam sejarah negeri ini. Ketika itu, kekuasaan 
Presiden Soekarno diambang keruntuhan dan 
pers Indonesia tak bisa dipisahkan dari kekuatan 
politik yang menaunginya. Tiap kekuatan politik 
memiliki media masing-masing. Misalnya, 
Partai Nasional Indonesia (PNI) memiliki surat 
kabar Suluh Indonesia, Majelis Syuro Muslimin 
Indonesia (Masyumi) memiliki Harian Abadi, 
Nahdatul Ulama memiliki Duta Masjarakat, serta 
PKI memiliki Harian Rakjat dan Warta Bhakti. 
Bahkan, TNI-Angkatan Darat memiliki sendiri 
koran, yaitu Angkatan Bersenjata dan Berita 
Yudha.

Beberapa media memang tidak berafiliasi 
langsung dengan partai, namun sikap jurnalistik 
mereka biasanya identik dengan pandangan 
dan ideologi pemimpin redaksinya. Beberapa 
media jenis ini, misalnya, surat kabar Merdeka 
yang tidak bisa dipisahkan dari ideologi B.M. 
Diah, Indonesia Raya yang dipimpin Mochtar 
Lubis, dan Pedoman yang dipimpin Rosihan 
Anwar (Atmakusumah, 1992). Media-media 
ini, kemudian banyak yang ditutup karena 
dianggap berseberangan dengan kekuasaan 
politik. Sepanjang Desember 1964 hingga Maret 
1965, sebanyak 21 surat kabar ditutup.2 Pada 
bulan Maret di tahun itu pula, Menteri Penerangan 
memerintahkan agar semua surat kabar berafiliasi 
secara resmi dengan partai politik, kelompok 
fungsional, ataupun organisasi massa.3 

Harian Kompas dididirikan oleh Partai 
Katolik atas permintaan Panglima Angkatan 
Darat Jenderal Ahmad Yani untuk mengimbangi 
dominasi PKI yang menguasai media massa.4 
Dengan latar belakang ini, saat baru terbit 
tahun 1965, harian Kompas menunjukkan sikap 
sebagai koran yang kritis dan lugas, terutama 
terhadap penguasa. Sikap ini juga tercermin 
dalam tulisan-tulisan P.K. Ojong, salah satu 
pendiri Kompas selain Jakob Oetama, dalam 
kolom Kompasiana yang rutin terbit di koran 
ini. “Tugas pers bukanlah untuk menjilat yang 
berkuasa, tetapi justru untuk mengritik yang 
sedang berkuasa,” tulis Ojong (Kompas, 6 April 
1966). Gaya Kompas di fase awal ini disebut 
sebagai representasi dari jurnalisme lama, yang 
dikenal sebagai “jurnalisme yang menggigit” 
(Dhakidae, 1992, 253). 

2          Surat kabar yang dibredel itu adalah: Merdeka, Indone-
sian Observer, Warta Berita, Revolusioner, Semesta, Berita 
Sport dan Film, Garuda, Karyawan, Gelora Minggu, Suluh 
Minggu dan Mingguan Film (Jakarta); Indonesia Baru, 
Tjerdas Baru, Mimbar Umum, Waspada, Duta Minggu, 
Suluh Massa, Mimbar Teruna, Genta Revolusi, Resopim, 
Pembangunan, Waspada Teruna, Mingguan Film, Siaran 
Minggu, dan Sjarahan Minggu (medan); Aman Makmur 
(Padang); dan Pos Minggu (Semarang). Lihat Hanazaki 
(1998: 18 dan 33).
3    Keputusan Menteri No 29/SK/M/65 tentang Norma-
Norma Dasar/Pokok bagi Perusahaan Pers di dalam Kon-
teks Pormosi Pers Indonesia
4  Ahmad Yani pula, yang menurut Frans Seda yang 
mendorong agar Partai Katolik meninggalkan sikap opo-
sisi terbuka dan merapat dalam kabinet. Lihat, Frans Seda 
dalam Sepanjang Jalan Kenangan, artikel di Kompas, 28 
Juni 1990, hlm. 4



174 │  Masyarakat Indonesia, Vol. 43 No.2, Desember 2017

Sikap Kompas mulai berubah setelah represi 
Orde Baru terhadap kebebasan media mulai 
menguat pada tahun 1970-an. P.K. Ojong 
akhirnya berhenti menulis kolom Kompasiana 
yang kritis pada tahun 1971. Di sisi lain, Orde 
Baru membuka peluang bisnis bagi media yang 
mau tunduk. Beberapa perusahaan surat kabar 
memperoleh pinjaman dana dari bank pemerintah, 
termasuk Kompas yang mendapat pinjaman Rp 
236 juta (75 persen) dari kebutuhan investasi 
untuk membangun kantor percetakan dan mesin 
cetak baru senilai Rp 300 juta. Seiring dengan 
itu, Kompas terus mengumpulkan modalnya 
dan secara strategis menanamkannya kembali, 
mendiversikannya untuk berjaga-jaga dari 
kemungkinan merugi atau adanya pelarangan 
dalam sektor bisnis yang mudah terancam. 
Ojong menyebut pembangunan unit usaha lain 
itu sebagai “industri pengetahuan”, terutama 
toko buku pada tahun 1972. Pada tahun 1973, 
Kompas semakin berkembang dengan mendirikan 
percetakan buku, dimana Ojong menjadi presiden 
direkturnya. Pada tahun itu pula, juga didirikan 
majalah anak-anak Bobo. (Dhakidae, 1992). 

Pada era inilah, harian Kompas mulai 
meninggalkan politik aliran dan perlahan 
meninggalkan bayang-bayang partai politik. 
Secara resmi, hubungan Kompas dengan Partai 
Politik dihapuskan menjelang restrukturasi 
partai-partai politik pada 1973. Dhakidae (1992), 
menyebut harian Kompas menjadi media industri. 
Jika di fase awal pendiriannya, Kompas banyak 
merekrut wartawan dari jaringan partai atau 
agama, sejak awal 1970-an, Kompas mulai 
membuka diri dengan merekrut wartawan dari 
berbagai agama dan latar belakang.5 

Sekalipun sudah berhati-hati  dalam 
pemberitaannya dan sudah menanggalkan filosofi 
lama “jurnalisme yang menggigit”, namun, 
Kompas akhirnya dibredel juga oleh penguasa 
Orde Baru pada 20 Januari 1978. Alasannya, 
Kompas dinilai turut mendorong perlawanan 
dengan memberitakan perjuangan para mahasiswa 
yang memperingati 12 tahun Tritura dengan 
berdemonstrasi menuju Istana. 

5     Sikap ini seperti disampaikan oleh Wakil Pemimpin 
Redaksi Kompas P. Swantoro yang menyebutkan bahwa 
Kompas jajaran editor dan petinggi perusahaan diisi oleh 
orang Katolik, Protestan, dan Moslem, bahkan banyak di 
antara mereka yang haji atau lulusan dari IAIN. (Dhakidae, 
1992, 235)

Untuk bisa terbit kembali, pimpinan Kompas 
kemudian menandatangani pernyataan minta maaf 
dan tidak memberitakan beberapa hal, yaitu:

Pertama, tidak akan menulis tentang 
keluarga Presiden Soeharto dan asal-usul 
kekayaan  keluaganya. Kedua, tidak akan 
mempersoalkan dwifungsi ABRI. Ketiga,  
tidak akan menulis tentang masalah-masalah 
yang berkatan dengan suku, agama, ras, dan 
antargolongan (SARA). Keempat, tidak akan 
menurunkan tulisan yang memperuncing 
konflik (Sularto, 2015, 23)

Perlu dilihat di sini, bahwa persoalan SARA 
termasuk yang yang tidak boleh diberitakan oleh 
harian Kompas. Jelas bahwa persoalan SARA 
telah menjadi salah satu agenda yang dipakai 
oleh penguasa Orde Baru untuk menjinakkan 
media, dalam hal ini Kompas yang memiliki 
sejarah dibentuk oleh kalangan minoritas. Selain 
itu, syarat keempat berupa larangan untuk 
menerbitkan tulisan yang memperuncing konflik, 
merupakan aturan karet, yang bisa dengan leluasa 
menjerat media. 

Jakob Oetama memutuskan menandatangai 
surat perjanjian itu tanggal 5 Febuari di Sekretariat 
Negara, dan sehari kemudian Kompas bisa terbit 
kembali. Selain itu, seorang wartawan, Yus 
Sumadipradja (dulunya wartawan Indonesia 
Raya) memprotes keputusan itu dan akhirnya 
keluar dari Kompas. Namun, secara umum, 
tidak ada gejolak besar di dalam Kompas, yang 
menunjukkan bahwa sikap ini diterima menjadi 
kebijakan redaksi. 

Sejak terbit kembali pada 6 Febuari 1978 
itu, Kompas menjadi sangat berhati-hati dalam 
pemberitaannya. Apalagi, tiga hari setelah 
Kompas kembali terbit, saat peresmian Monumen 
Pers dan peringatan Hari Pers Nasional di Solo, 
dalam pidato resmi Soeharto mengingatkan,”pers 
nasional harus selalu mawas diri.” Dan ketika 
berjabat tangan, Soeharto berbisik kepada 
Jakob,”Ojo meneh-meneh!” Ancaman bergaya 
Jawa itu menggentarkan Jakob. (Sularto, 2009, 
xiii)

Pada periode ini, arah jurnalistik Kompas 
sangat diwarnai oleh sikap ketundukan Jakob 
pada kehendak penguasa Orde Baru. Terkait gaya 
jurnalistik Kompas yang dibayangi rasa takut dan 
cemas setelah peristiwa 1978 itu, Jakob Oetama 
mengatakan:

Setelah ditutup pada 20 Januari 1978-5 
Februari 1978, memilih, memilah, dan 



Dari Represi Politik ke Jeratan Kapital... (Ahmad Arif) │ 175

memberi makna jadi pekerjaan yang tidak lagi 
sederhana, pun dengan penyangga politics of 
values sebagai sikap dan pandangan. Pilihan 
perlu disertai pertimbangan akal sehat, 
kepekaan, dan komitmen. Untuk berbagai 
persoalan dan peristiwa tertentu yang 
supersensitif, dalam melakukan pekerjaan 
jurnalistik, mengutip kata-kata filsuf Soren 
Kierkegaard, perlu dilakukan dalam keadaan 
in fear and tremblingin anguish (dalam rasa 
takut dan cemas). (Oetama, Kompas, 28 Juni 
2015, 1 dan 15)

Rasa takut dan cemas ini menghasilkan 
produk jurnalistik yang tidak lugas dan 
menghindar unuk menukik pada persoalan. 
Pembaca akan dibawa pada gaya penulisan 
yang berputar-putar, sehingga pokok masalah 
terkadang sulit ditangkap. Gaya ini sering disebut 
sebagai “determined boringness” (Sen dan 
Hill, 1995:68). Namun, dengan gaya jurnalistik 
inilah, harian Kompas berhasil selamat dari 
pembredelan rezim represif Orde Baru. Bahkan, 
Kompas dianggap bisa bersimbiosis dengan 
rezim ini dengan tumbuh besar memanfaatkan 
kondisi ekonomi politik yang ada, sehingga oleh 
Ben Anderson, koran ini digambarkan sebagai 
“Surat kabar Orba yang sempurna” (Anderson, 
1994 dalam Sen dan Hill, 1995: 68). Pada awal 
1990-an, Kompas telah memiliki kerajaan bisnis 
yang terdiri dari 38 perusahaan dan secara 
bersama-sama disebut sebagai KKG. Selama 30 
tahun kekuasaan Orde Baru yang represif ini, 
Kompas sukses menyesuaikan diri dan secara 
ekonomi telah memetik keuntungan besar dari 
kemampuan adaptasi ini (Keller, 2010). 

Sikap jurnalistik Kompas yang hati-hati 
dalam pemberitaannya, terutama terkait persoalan 
agama, semakin terbentuk setelah pembredelan 
Monitor, tabloid terlaris dalam Kelompok 
Kompas Gramedia (KKG). Kasus ini bermula 
ketika pada Senin, 15 Oktober 1990, Monitor 
menurunkan angket mengenai tokoh yang paling 
dikagumi pembaca. Hasil angket itu menunjukkan 
Nabi Mohammad menempati urutan kesebelas 
sebagai tokoh paling dikagumi, satu tingkat di 
bawah Arswendo Atmowiloto, pemimpin redaksi 
Monitor. Publikasi itu menimbulkan kegemparan 
dan gelombang protes di kalangan umat Islam, 
termasuk dari Majelis Ulama Indonesia maupun 
organisasi yang mengatasnamakan Islam, seperti 
Himpunan Mahasiswa Islam dan Pemuda 
Muhammadiyah.

Pada akhirnya, Menteri Penerangan Harmoko 
mencabut izin usaha Monitor pada 23 Oktober 
1990. Bahkan, Arswendo kemudian diadili dan 
dihukum penjara selama lima tahun. Menghadapi 
pembredelan itu, Kompas yang menjadi satu 
grup terlihat sangat pragmatis dan sama sekali 
tidak melakukan pembelaan. Bahkan dalam 
editorialnya pada hari pembredelan itu, Kompas 
menulis,”Monitor memang telah salah langkah 
dengan memuat hasil angketnya. Karena itu, kita 
pun menyesalkan dan mengecamnya.” 

Sejak kasus Monitor itu, Kompas sangat 
hati-hati dalam memberitakan persoalan agama. 
Biasanya, strategi yang diambilnya adalah 
dengan tidak memberitakan sama sekali, atau 
memberitakannya, namun dalam porsi yang 
sangat kecil dan menghindari keberpihakan. 
Mereka akan segera mengerem atau bahkan 
menghentikan pemberitannya jika ada protes 
atau dianggap menyinggung pemerintah atau pun 
kelompok-kelompok agama tertentu, terutama 
dalam hal ini kelompok Islam yang menjadi 
mayoritas di negeri ini. 

Setelah sukses melewati tekanan Orde 
Baru dengan swasensor yang ketat harian 
Kompas akhirnya menghadapi masalah terkait 
pemberitaannya. Di penghujung tahun 1997, 
harian Kompas digugat secara hukum oleh Tim 
Pembela Islam (TPI) akibat berita-berita di 
koran ini tentang pelaksanaan Undang-undang 
Perkawinan dan peristiwa di Turki dan Aljazair. 
Pemberitaan Kompas ini dinilai menyerang dan 
meresahkan umat Islam. Kasus ini dihentikan 
setelah harian Kompas dan TPI akhirnya 
meminta maaf secara terbuka dan kedua pihak 
menandatangani kesepakatan damai pada Jumat, 
3 Oktober 1997. Selain dimuat di sejumlah media 
massa lain, permintaan maaf ini juga diberitakan 
Kompas pada Sabtu, 4 Oktober 1997 di halaman 1. 
Dalam berita ini disebutkan, “Kompas mengakui, 
dalam beberapa pemberitaannya, khususnya yang 
berkaitan dengan pelaksanaan Undang-undang 
Perkawinan dan peristiwa di Turki dan Aljazair, 
Kompas kurang melakukan cek dan recheck 
terhadap sumber berita, sehingga menimbulkan 
keresahan dan kesalahpahaman di tengah 
masyarakat, khususnya kalangan umat Islam. Juga 
diakui, dalam menyiarkan tulisan yang memuat 
pandangan penulisnya, khususnya yang berkaitan 
dengan Agama Islam atau rasa keimanan kaum 
Muslimin, Kompas kurang berhati-hati, termasuk 



176 │  Masyarakat Indonesia, Vol. 43 No.2, Desember 2017

dalam melaksanakan hak jawab, sehingga 
menimbulkan keresahan di kalangan umat Islam.”

Selanjutnya disebutkan,”Berkaitan dengan 
itu, harian Kompas memohon maaf yang setulus-
tulusnya dan sedalam-dalamnya kepada segenap 
kaum Muslimin, khususnya para pemberi kuasa. 
Dalam sambutannya, Jakob Oetama, kembali 
menekankan rasa penyesalan pihaknya atas 
pemberitaan tersebut. ‘Kami mohon maaf atas 
pemberitaan tersebut,’ ucapnya.”

Dalam sejarah Kompas, inilah pertama kali 
koran ini mengakui kesalahan dan meminta 
maaf secara terbuka terkait pemberitaannya 
yang dianggap menyerang kelompok Islam. 
Jika sebelumnya media berlawanan langsung 
dengan kekuasaan pemerintah, untuk pertama 
kalinya, represi terhadap media dilakukan oleh 
masyarakat. Hal ini membawa pengaruh dalam 
pada kebijakan redaksi ini. Tema-tema yang 
terkait agama Islam menjadi momok bagi setiap 
jajaran redaksi koran ini. Mereka ekstra hati-hati 
dan bahkan memilih tidak memberitakannya sama 
sekali. Sementara itu, bagi pihak di luar Kompas, 
persitiwa yang selalu dipakai untuk menekan 
koran ini, termasuk dalam peristiwa Saeni. 

Dengan menggunakan konsep Bourdieu 
(2010) tentang habitus, bisa dilihat bahwa 
gaya jurnalistik yang hati-hati dan mendua ini 
merupakan respon terhadap arena (field) politik 
yang represif, selain juga tekanan kelompok 
Islam yang menguat di penghujung era Orde 
Baru. Sikap jurnalistik ini awalnya dibangun 
oleh Jakob Oetama, selaku pemimpin redaksi 
sekaligus pemilik koran ini. Dari aspek ekonomi 
politik jelas terlihat bahwa, praktik swasensor 
ini bersifat hirarkis. Dari represi penguasa Orde 
Baru melalui pemilik media, dan kemudian ke 
wartawan. Sebagaimana dikemukaan Wijayanto 
(2015), “rasa” yang merupakan elemen dari 
budaya Jawa yang dibangun Jakob, menjadi 
ukuran penting bagi kebijakan redaksi di Kompas 
dalam menerapkan praktik swasensor. 

Melalui praktik peliputan sehari-hari, 
wartawan di Kompas di era Orde Baru akan 
dikenalkan dengan tema-tema sensitif yang harus 
dihindari. Swasensor ini terjadi berlapis. Dimulai 
dari wartawannya masing-masing, lalu editor 
di tiap desk, hingga penyunting akhir. Dengan 
habitus seperti ini, maka jurnalisme Kompas tidak 
akan mungkin menukik pada satu persoalan secara 
tegas, apalagi jika menyangkut persoalan SARA. 
Dengan alasan ini pula, Kompas memilih menjadi 

media yang tidak melakukan investigasi dalam 
kerja jurnalistiknya.

Kebijakan redaksi ini kemudian menjadi 
feel for the game atau habitus media ini. Pada 
tataran refleksif, Bourdieu menyatakan bahwa 
dalam diri agensi terwujud predisposisi sikap 
untuk melakukan tindakan, yang dinamakannya 
habitus. Jadi, habitus swasensor di Kompas 
merupakan produk sejarah kolektif yang kemudian 
menghasilkan praktif-praktik individual maupun 
kelompok.

PEWARISAN HABITUS SWASENSOR 
DI KOMPAS 
Pembahasan sebelumnya telah dikemukakan 
tentang terbentuknya habitus swasensor di 
Kompas, sebagai respon atas tekanan politik Orde 
Baru. Masalahnya, ketika situasi politik kemudian 
berubah, Kompas ternyata masih menerapkan hal 
ini, sebagaimana terlihat dalam kasus Saeni dan 
sejumlah kasus lainnya. 

Ketika Orde Baru kemudian tumbang seiring 
gerakan Reformasi pada tahun 1998, represi politik 
terhadap media di Indonesia memang mengendor. 
Pers di Indonesia memasuki era liberalisasi 
politik. Pada era ini, muncul sejumlah pers yang 
memiliki afiliasi politik dengan partai tertentu, 
misalnya Tabloid Abadi, yang berafiliasi dengan 
Partai Bulan Bintang, Tabloid Amanat yang 
diterbitkan Partai Amanat Nasional,  Demokrat 
yang diterbitkan oleh Partai Demokrasi Indonesia 
Perjuangan, serta Duta Masyarakat Baru yang 
diterbitkan Partai Kebangkitan Bangsa (Bimo 
Nugroho, 1999). Kemunculan media-media 
aliran ini mengingatkan pada periode sebelum 
represi Orde Baru melucuti politisasi media dan 
membentuknya menjadi pers industri. 

Perubahan politik Indonesia ini terjadi 
seiring dengan perubahan lanskap pengelolaan 
keredaksian Kompas. Pada tahun 2000, Jakob 
Oetama yang telah menjadi Pemimpin Redaksi 
Kompas sejak awal pembentukan koran ini, 
digantikan oleh Suryopratomo, wartawan yang 
relatif muda saat itu dan baru bergabung ke 
Kompas pada tahun 1986. Perlu dicatat, bahwa 
selain dari generasi muda, Suryopratomo berasal 
dari kalangan muslim, yang menunjukkan 
bahwa koran ini berusaha menghilangkan stigma 
lamanya sebagai koran Katolik.  

Perubahan ini memang sempat membawa 
perubahan kebijakan redaksi di Kompas. Mereka 
mencoba keluar dari habitus lama dengan 



Dari Represi Politik ke Jeratan Kapital... (Ahmad Arif) │ 177

menampilkan gaya jurnalistik yang lebih lugas 
dan berani. Namun demikian, upaya ini dalam 
perjalanannya tidak berlanjut. Mengenai hal ini, 
bisa dilihat dari uraian Srikandi, redaktur senior 
yang pernah menjabat beberapa kepala desk, 
berikut ini:

 “Tak lama setelah jatuhnya Orde Baru, 
Kompas pernah mencoba bersikap lebih 
berani dan lugas, terutama di bidang 
politik dan ekonomi. Misalnya, kami 
membuka bisnis kroni Presiden Soeharto 
dan mengungkap skandal pajak sejumlah 
penguasa. Namun, Kompas kemudian 
mendapat banyak gugatan. Para pimpinan 
dan orang-orang lama di Kompas akhirnya 
meminta kita kembali ke gaya jurnalistik 
lama yang lebih hati-hati dan tidak menukik 
pada persoalan.  (Wawancara di Jakarta, 10 
Maret 2016) 

 Pada pertengahan tahun 1999, harian 
Kompas mendapat gugatan hukum dari pengusaha 
Setiawan Djody, yang dalam berita Kompas 
pada 1 April 1999 di halaman pertama, disebut 
sebagai kroni Presiden Soeharto. Pada tahun 
2003, Kompas juga digugat pengusaha Marimutu 
Sinivasan.  Dalam perkara tersebut, Sinivasan dan 
18 perusahaan yang dipimpinnya mengajukan 
gugatan terhadap Kompas dan para pemimpinnya, 
karena menulis penggelapan pajak yang membelit 
pengusaha ini. 

Walaupun Kompas memenangkan gugatan-
gugatan ini, namun demikian, banyak yang 
menginginkan agar media ini kembali ke gaya 
lama. Situasi ini dikuatkan dengan kenyataan 
ditutupnya sejumlah media aliran yang berafiliasi 
dengan politik tertentu. Hal ini dikemukakan 
Srikandi sebagai berikut:

Banyak yang mengatakan bahwa itu bukan 
gaya Kompas. Lalu saya ingat, Pak Jakob 
kemudian memimpin rapat akbar. Waktu 
itu beliau masih rutin memimpin rapat 
bulanan. Beliau lalu mengingatkan,” Benar 
kita sekarang sudah bebas. Kita tak perlu 
takut dibredel karena SIUPP tidak ada lagi. 
Tetapi ternyata ada hal lain yang menunggu 
kita, yaitu gugatan-gugatan di pengadilan 
ini. Sebaiknya kita tetap hati-hati, jangan 
menyerang orang. Sebaiknya substansinya 
yang utama.” Sejak itu, perlahan kita kembali 
ke gaya jurnalistik yang lama. (Wawancara 
di Jakarta, 10 Maret 2016) 

Sekalipun tidak lagi memegang jabatan 
struktural di keredaksian, Jakob masih rutin 

mengikuti rapat-rapat redaksi. Jakob akan 
memastikan bahwa koran yang dibangunnya tetap 
dalam kendalinya, termasuk dalam menerapkan 
praktik swasensor untuk isu-isu sensitif, terutama 
dalam soal agama. Ketika kemudian dia semakin 
jarang datang ke ruang redaksi karena faktor usia 
dan kesehatan, habitus swasensor Kompas telah 
mengakar kuat. 

Sebagaimana dikemukakan Bourdieu (2010), 
bahwa habitus memiliki dimensi sejarah. Habitus 
juga memiliki sifat durable dan transporable, 
yaitu bisa dipindahkan dari satu arena ke arena 
lain. Gaya lama yang hati-hati yang dipraktikkan 
Kompas pada periode setelah Jakob menunjukkan 
bahwa habitus ini telah tertransfer kepada generasi 
baru koran ini. 

Hal ini misalnya terlihat jelas dalam 
pemberhentian pemberitaan kasus Saeni dimana 
praktik swasensor terjadi di level wartawan dan 
editorial. Demikian halnya, dalam kasus perda 
antipelacuran di Tangerang. Tidak ada intervensi 
langsung dari pemilik harian Kompas ke ruang 
redaksi, sebagaimana terjadi di sejumlah media 
lain di Indonesia yang diteliti Tapsell (2012) dan 
Haryanto (2011). Jadi, berbeda dengan media-
media lain, praktik swasensor di redaksi Kompas 
justru diputuskan dibuat oleh para wartawan dan 
editorial. 

Di dalam benak setiap wartawan Kompas 
telah ditanamkan kesadaran untuk selalu berhati-
hati dalam memberitakan persoalan agama, 
karena mereka akan sendirian jika menghadapi 
tekanan dari pihak luar. Sikap ini misalnya 
disampaikan oleh, Banowati redaktur senior di 
Kompas, sebagai berikut:

“Jika Kompas menghadapi masalah, tak 
akan ada yang membantu kita. Lihatlah, 
beberapa kali kita didemo oleh FPI, apa ada 
media-media lain yang membantu kita? Tidak 
ada. Justru akan dipakai oleh saingan kita 
untuk menjatuhkan.” (wawancara di Jakarta, 
10 September 2016) 

Dalam kasus Saeni terlihat bahwa, Bima, 
wartawan yang bertugas di Kota Serang, langsung 
berhenti menulis kasus ini ketika mengetahui 
pimpinan redaksinya mengalah pada tekanan 
FPI, sekalipun tidak ada larangan langsung. 
Sedangkan dalam kasus di Tangerang, transfer 
habitus swasensor itu dilakukan secara langsung 
dengan meminta wartawan yang bersangkutan 
tidak lagi memberitakan persoalan ini. Dengan 
pola ini, wartawan-wartawan Kompas yang 



178 │  Masyarakat Indonesia, Vol. 43 No.2, Desember 2017

bergabung setelah era represi Orde Baru, akhirnya 
mengikuti gaya jurnalistik lama yang dibangun 
para pendahulunya.  Situasi ini juga disebutkan 
Semar, salah satu pemilik saham yang juga 
komisaris harian Kompas, “Sebagai pemilik, 
kami tidak pernah mencampuri redaksi. Itu kami 
sadari betul, karena independensi ruang redaksi 
itu kepercayaan publik pada koran” (Wawancara 
di Jakarta, 11 September 2016)

EKONOMI POLITIK SWASENSOR
Pembahasan di atas menunjukkan adanya praktik 
swasensor yang dilakukan jajaran redaksi Kompas 
dalam berita-berita terkait agama. Sensor ini 
awalnya dari diri masing-masing wartawan atau 
gate keeper di ruang redaksi, yang kemudian 
menjadi sikap koran ini. Sesuai konsep Shoemaker 
dan Reese (2014) dalam model yang disebutnya 
sebagai Hierarchical Influence Model, bias 
dalam praktik pemberitaan di suatu media yang 
dipengaruhi kepentingan personal dari individu 
wartawan, harus juga dilihat kaitannya dengan 
budaya organisasi di dalam media itu sendiri dan 
setting sosial dan ekonomi di belakangnya. 

Penelitian Ahmad Arif (2016) sebelumnya 
menemukan, bahwa praktik swasensor ini juga 
diterapkan harian Kompas dalam berbagai bidang 
liputan, termasuk dalam memberitakan sengketa 
pengelolaan sumber daya alam. Dalam kasus 
pembangunan pabrik semen di Kendeng Utara, 
Jawa Tengah sepanjang tahun 2014 – 2016, harian 
Kompas tidak hanya menyensor berita yang kritis 
terhadap pembangunan pabrik semen di kawasan 
lindung ini, namun juga membuat berita dengan 
bingkai mendukung pembangunan pabrik semen. 

Dengan melihat situasi ini, terlihat bahwa, 
pertimbangan bisnis menjadi faktor dominan 
bagi Kompas dalam menentukan arah redaksinya. 
Bisnis dalam hal ini tidak hanya dimaknai pada 
situasi di harian Kompas, namun menyangkut 
kepentingan sejumlah perusahaan dalam grupnya. 
Untuk memahami hal ini bisa dilihat dari 
wawancara berikut:

Jajaran redaksi Kompas memiliki ketakutan 
tertentu, yang ini kemudian mengorbankan 
prinsip-prinsip jurnalisme. Misalnya, ada 
seorang redaktur senior yang menyampaikan 
ket idaksetujuannya ket ika  Kompas 
memberitakan demonstrasi masyarakat 
yang menolak reklamasi Teluk Benoa (Bali). 
Menurut dia, berita itu seharusnya tidak 
mendapat porsi besar, “Anak-anak muda 
itu modalnya nekad saja. Apalagi ada yang 

main di media sosial menolak reklamasi itu. 
Kamu mikir tidak, yang mau bikin Teluk 
Benoa itu siapa? Bagaimana nanti kalau 
TW (Tommy Winata—pen) mengerahkan 
orangnya. Nggak usah membikin kekerasan, 
cukup nongkrong saja ke Hotel Santika (hotel 
milik KKG—pen)  dan teriak-teriak, di lobby 
atau restoran, dengan gaya pura-pura mabuk. 
Kamu pikir ada tamu mau datang ke Santika? 
(Wawancara di Jakarta, 23 April 2016)

Kasus yang sama juga dikhawatirkan akan 
dialami Kompas jika harian ini melawan FPI. 
Menurut Antarejo, banyak petinggi koran ini yang 
mengkhawatirkan, protes ini akan mengganggu 
bisnis berbagai usaha dalam KKG. 

Banyak ketakutan yang dikembangkan, yang 
tidak pernah didiskusikan secara jurnalistik 
dan kemudian mengorbankan prinsip-prinsip 
jurnalistik. Misalnya terkait pemberitaan 
korban 1965, ataupun persoalan-persoalan 
kekerasan berlatar agama. Keputusan naik 
dan tidaknya suatu berita akhirnya tidak 
memakai standar dan ukuran jurnalistik 
lagi, tetapi lebih karena berlatar kepentingan 
bisnis semata. (Wawancara di Jakarta, 23 
April 2016) 

Dari ilustrasi ini bisa diketahui, bahwa sikap 
Kompas ini diambil sebagai mekanisme survival 
mereka menghadapi kondisi ekonomi politik. 
Benar bahwa, represi media oleh penguasa secara 
politik tidak lagi terjadi. Namun, tak ada jaminan 
represi publik tidak terjadi. Apalagi, Kompas 
memiliki beberapa titik lemah. Kelemahannya 
ini adalah, pertama, koran ini didirikan oleh 
kelompok minoritas Katolik. Kedua, koran 
ini mengalami beberapa kali kejadian yang 
membuat publik terus menghubungkannya 
dengan kepentingan anti-Islam, terutama dengan 
adanya perjanjian damai dengan Tim Pembela 
Islam (TPI) pada tahun 1997. Kasus lain yang 
menjadi catatan adalah pembredelan tabloid 
Monitor karena dianggap menghina umat Islam. 

Berbagai titik lemah Kompas ini diperparah 
dengan keberadaan koran ini yang telah menjadi 
bagian dari grup KKG sejak enam tahun terakhir. 
Dengan kebijakan  ini, perusahan-perusahaan 
media di lingkup KKG, termasuk Kompas, dituntut 
saling bersinergi dengan prinsip Triple M, yakni 
multimedia, multichannel, dan multiplatform. 
Strategi Triple M ini diluncurkan Kompas secara 
resmi sejak tahun 2010, yang intinya adalah 
konten Kompas harus bisa dibaca melalui berbagai 
wahana (kertas, computer, TV, mobile phone, dan 



Dari Represi Politik ke Jeratan Kapital... (Ahmad Arif) │ 179

lain-lain). Selain cabang-cabang perusahaan di 
bidang media, KKG juga tumbuh merambah 
aneka bisnis lainnya, mulai dari perhotelan, toko 
buku, percetakan, eksibsi, lembaga pendidikan 
dan perguruan tinggi, tisu, hingga konstruksi 
jalan tol. Banyaknya cabang bisnis ini semakin 
memperumit posisi koran ini dalam mengambil 
sikap terhadap sejumlah persoalan, terutama jika 
menyangkut cabang usaha KKG. Sebagai bagian 
dari sebuah kapal besar KKG, sebagai media, 
Kompas tidak lincah lagi dalam bermanuver. 

Dampak buruk konvergensi media terhadap 
kebebasan media sebenarnya sudah banyak 
diingat para peneliti sebelumnya, misalnya 
Allan (2010). Dalam kasus Kompas hal ini jelas 
terlihat dengan makin terbatasnya gerak Kompas. 
Keputusan redaksi yang dibuat di koran ini akan 
dibebani dengan beragam perusahaan lainnya. 
Demikian sebaliknya, tindakan yang dilakukan 
perusahaan lain dalam grup media ini akan 
dibebankan kepada Kompas, sebagaimana terjadi 
dalam kasus pembakaran buku-buku terbitan 
PT Gramedia Pustaka Utama yang dianggap 
menyerang Islam. 

Pada 13 Juni 2012, penerbit PT GPU membakar 
216 buku terjemahan yang diterbitkannya 
berjudul 5 Kota Paling Berpengaruh di Dunia 
karya Douglas Wilson. Pembakaran dilakukan 
di kompleks kantor Kompas Gramedia. Peristiwa 
pembakaran buku tersebut diawali karena adanya 
protes dan pelaporan oleh anggota FPI ke Polda 
Metro Jaya mengenai dugaan pelecehan terhadap 
agama Islam yang tertera di buku bersangkutan. 
Adapun pihak-pihak yang dilaporkan oleh FPI 
adalah Direktur Utama PT Gramedia Pustaka 
Utama (GPU), Wandi Subrata, editor Herdian 
Cahya Krishna, serta penerjemah Hendry Tanaja. 
Buku yang beredar sejak Maret 2012 ini awalnya 
dicetak sebanyak 3000 eksemplar. Sampai awal 
bulan Juni 2012 tercatat telah terjual sebanyak 
489 eksemplar. Menarik dicermati di sini adalah 
respon Gramedia yang memilih membakar 
buku-buku itu, dibandingkan menghadapinya 
di pengadilan. Hal ini mengingatkan pada 
tindakan yang sama yang dilakukan Kompas saat 
menghadapi tuntutan Tim Pembela Islam (TPI) 
pada tahun 1997.

Koran Kompas menulis peristiwa ini dengan 
menulis berita di halaman 26 pada Kamis, 14 Juni 
2012 dengan judul “Gramedia Pustaka Musnahkan 
Buku.” Di dalam tubuh berita dikutip ucapan 
Direktur Utama PT GPU, Wandi S Brata, bahwa  

terbitnya buku itu memang keteledoran penerbit 
karena menerjemahkan sesuai dengan buku 
aslinya. ”Di Toko Buku Gramedia sudah tidak ada 
lagi. Kemarin kami sudah membakar buku yang 
ditarik. Berapa pun buku yang datang langsung 
dimusnahkan. Saat ini kami masih menunggu 
yang dalam perjalanan ke Jakarta,” ujarnya 
(Kompas, 14 Juni 2012, Hal 26). Pembakaran 
buku jelas merupakan persoalan besar bagi tradisi 
intelektual, namun realitas ini diterima oleh 
Kompas, bahkan tanpa ada penyanggahan. Hal ini 
sekali lagi menunjukkan sikap mengalah harian 
Kompas terhadap FPI, demi mengamankan bisnis 
kelompok usaha mereka.

PENUTUP
Praktik swasensor di Kompas yang ditandai 
dengan cenderung berhati-hati dan memilih 
menarik diri jika ada tekanan dari pihak luar 
sebagaimana terjadi dalam pemberitaan kasus 
Saeni, merupakan praktik yang telah lama 
dilakukan koran ini. Praktik swasensor ini, 
sebagaimana diteliti oleh Tapsell (2012) dan 
Haryanto (2011), bukan khas Kompas, namun 
merupakan fenomena yang lazim dilakukan 
media di Indonesia setelah tumbangnya Orde 
Baru. Namun demikian, praktik swasensor 
di Kompas menunjukkan cara yang berbeda 
dengan model intervensi langsung pemilik ke 
koran, sebagaimana diteliti Tapsell (2012) dan 
Haryanto (2011). Tak ada intervensi langsung 
pemilik untuk menghentikan berita-berita yang 
dianggap  membahayakan Kompas, namun 
sensor ini dilakukan sendiri oleh para wartawan 
di lapangan dan kemudian jajaran editorial, yang 
menunjukkan bahwa praktik ini telah menjadi 
habitus sehingga memiliki akar yang kuat di 
media ini. 

Selama ini Kompas menangguk keuntungan 
dengan praktik swasensor yang dilakukannya. 
Dengan bersikap kooperatif terhadap kekuasaan, 
media ini berhasil membangun kerajaan bisninya. 
Bukan hanya di bidang media, tetapi juga di 
berbagai bidang lainnya. Ketika kekuasaan Orde 
Baru kemudian runtuh, sikap minoritas Kompas 
tidak berubah. Publik tidak bisa menghapus 
sejarah Kompas yang didirikan oleh kelompok 
minoritas. Situasi ini difahami betul oleh Kompas, 
sehingga dia akan selalu memilih berkompromi, 
dibandingkan melawannya, sekalipun itu harus 
mengorbankan prinsip-prinsip jurnalistiknya. Jika 
dulu praktik swasensor dilakukan sebagai siasat 



180 │  Masyarakat Indonesia, Vol. 43 No.2, Desember 2017

untuk menghadapi represi penguasa Orde Baru, 
hal ini sekarang dilakukan untuk mengamankan 
bisnis media dan grup usahanya.

Selain faktor habitus swasensor yang 
membatasi kerja media di Indonesia dalam 
mengungkap suatu masalah secara tuntas dan 
lugas, belajar dari kekalahan Kompas terhadap 
FPI dalam kasus Saeni dan beberapa kasus 
lainnya, kita bisa melihat banyaknya batasan 
yang dihadapi media di Indonesia. Tumbangnya 
kekuasaan Orde Baru yang represif, ternyata 
tidak menjamin iklim kebebasan Kompas sebagai 
media konvensional dengan oplah terbesar di 
Indonesia, dalam berekspresi, terutama jika 
menyangkut persoalaan kekerasan dan represi atas 
nama agama. Sebaliknya, media-media online 
yang dikendalikan kelompok radikal sebagaimana 
diidentifikasi Hamayotsu (2013), menunjukkan 
sikap lebih agresif dalam menyebarkan fahamnya, 
termasuk dengan memanfaatkan kelemahan dan 
kekalahan media konvensional dalam menghadapi 
tekanan FPI ini. 

PUSTAKA ACUAN
Arif, A. (2016). Semen yang Membelah Media: 

Relasi Kuasa di Balik Kontestasi Wacana 
Pro-Kontra Pembangunan Pabrik Semen di 
Kendeng Utara di Harian Kompas. Tesis. 
Program Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan 
Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Jakarta. 

Bourdieu, P. (1977). Outline of a Theory of 
Practice. Cambridge University Press. 
Cambridge, UK.

Bourdieu, P. (1990). The Logic of Practice. 
Stanford Univ. Press Stanford, California

Bourdieu, P. (2010). Arena Produksi Kultural: 
Sebuah Kajian Sosiologi Budaya. Terjemahan 
The Field of Cultural Production: Essays 
on Art and Literature. Yogyakarta: Kreasi 
Wacana.

Dhakidae, D. (1991). The Rise of Capital and 
the Fall of Political Journalism: Political 
Economy of Indonesian News Industry. 
Dissertation, Cornell University, Ithaca.

Fenton, N. (2007). Bridging the Mythical Divide: 
Political Economy and Cultural Studies 
Approaches to the Analysis of the Media. 
London: Sage Publications.

Hamayotsu, K. (2013). “The Limits of Civil 
Society in Democratic Indonesia: Media 

Freedom and Religious Intolerance.” Journal 
of Contemporary Asia, Vol. 43, No. 4 , 
658-577

Hanitzcsh, T. (2005). “Journalist in Indonesia: 
Educated but Timed Watchdogs.” Journalism 
Studies, Volume 6, Nomor 4, 2005, pp. 
493-508

Hanitzcsh, T. (2006). “Mapping Journalisme 
Culture: Teoritical Taxonomy and Case 
Studies from Indonesia.” Asian Journal of 
Communication. Vol. 16, No. 2, Juni 2006. 
Pp 169-186

Haryanto, I.  (2011). “Media Ownership and Its 
Implications for Journalist and Journalism in 
Indonesia.” Dalam Hill, T dan Sen, Krishna. 
(eds.) Politics and the Media in Twenty-First 
Century Indonesia. USA: Routledge

Hui, J. Y. (2010). “The Internet in Indonesia: 
Development and Impact of Radical 
Websites.” Studies in Conflict & Terrorism, 
Vol. 33, No. 2.

Keller, A. (2009). Tantangan dari Dalam: 
Otonomi redaksi di 4 Media Cetak Nasional: 
Kompas, Koran Tempo, Media Indonesia, 
dan Republika. Jakarta: Friderich Ebert 
Stiftung

Lim, M. (2011). “@Crossroad: Democratization 
and Corporatization of Media in Indonesia.” 
Participatory Media Lab, Arizona State 
University and Ford Foundation

Miller, T. (2008). “Step Away from the Croissant’: 
Media Studies 3.0.” Dalam Hesmondhalgh, 
David & Toynbee, Jason. (eds). The Media 
and Social Theory. USA and Canada: 
Routledge

Nugroho, Y., Putri, D., & Laksmi, S. (2012). 
Memetakan Lansekap Industri Media 
Kontemporer di Indonesia. Jakarta: Centre 
for Innovation Policy and Governance 
(CIPG) and HIVOS

Oetama, J. (2009). Menggugat Diri dan Bersyukur. 
Jakarta: Penerbit Buku Kompas

Ojong, P.K. (1981). Kompasiana: Esei jurnalistik 
tentang Berbagai Masalah. Jakarta: Penerbit 
Gramedia



Dari Represi Politik ke Jeratan Kapital... (Ahmad Arif) │ 181

Sen, K & Hill, D. T. (2001). Media, Budaya 
dan Politik di Indonesia. Edisi terjemahan. 
Jakarta: ISAI

Soemaker, P & Reese, S. D. (1991) Mediating 
the Message:Theories of Influences on Mass 
Media Content. New York: Longman

Steele, J. (2011). “Indonesian Journalism Post-
Suharto: Changing Ideas and Profesional 
Practices.” Dalam Hill, T dan Sen, Krishna. 
(eds.) Politics and the Media in Twenty-First 
Century Indonesia. USA: Routledge

Sudibyo, A., & Patria, N. (2013). “The Television 
Industry in Post Authoritarian Indonesia.” 
Dalam Journal of Contemporary Asia, doi. 
10. 1080/ 00472336. 2012.757434

Sularto, S. (2015). Syukur Tiada Akhir. Jakarta: 
Penerbit Buku Kompas

Tapsell, R. (2012). “Old Tricks in a New Era: 
Self-Cencorship in Indonesian Journalism.” 
Asian Studies Review, Juni 2012, vo. 36, pp 
227-245

Wijayanto. (2015). “Old Practice in a New Era: 
Rasa as Basis of Self-Cenconship in Kompas 
Daily Newspaper”. GSTF Journal on Media 
& Communcations (JMC), Vol. 2, No. 2, 
September 2015. Pp 66 - 74

Media Online
https://www.arrahmah.com/news/2016/06/17/fpi-

menolak-pemberitaan-negatif-ramadhan-
oleh-kompas-group.html. Dilihat terakhir 
pada Sabtu, 24 September 2016

http://www.beritasatu.com/nusantara/369946-
mui-penyitaan-dagangan-warteg-saeni-
tidak-dibenarkan.html. Dilihat terakhir pada 
Sabtu, 24 September 2016

http://www.beritasatu.com/politik/369841-
ribuan-perda-dibatalkan-mayoritas-terkait-
masalah-toleransi.html. Dilihat terakhir pada 
Sabtu, 24 September 2016

http://www.dakwahmedia.net/2016/06/setelah-
digeruduk-fpi-ini-pengakuan.html. Dilihat 
terakhir pada Sabtu, 24 September 2016

https://news.detik.com/foto-news/3235059/
fpi-datangi-kantor-kompas. Dilihat terakhir 
pada Sabtu, 24 September 2016

http://news.detik.com/berita/3231404/wapres-jk-
bela-ibu-warteg-yang-dagangannya-disita-
satpol-pp-di-serang. Dilihat terakhir pada 
Sabtu, 24 September 2016

http://news.detik.com/berita/3233433/ketua-
dpr-minta-perda-soal-razia-makanan-saat-
ramadan-dievaluasi. Dilihat terakhir pada 
Sabtu, 24 September 2016

http://www.fpi.or.id/2016/06/fpi-datangi-tegur-
kompas-terkait.html. Dilihat terakhir pada 
Sabtu, 24 September 2016

http://islamedia.id/framing-berita-dikasus-razia-
warteg-fpi-akan-datangi-media-kompas/. 
Dilihat terakhir pada Sabtu, 24 September 
2016

http://www.jpnn.com/read/2016/06/13/434557/
Cerita-Ibu-Pemilik-Warteg-di-Serang-Soal-
Serbuan-Maut-Satpol-PP-. Dilihat terakhir 
pada Sabtu, 24 September 2016

http://www.jpnn.com/read/2016/06/14/435569/
Punya-Perda-Larangan-Warung-Buka-
Saat-Ramadan-Siap-Siap-Saja-Dievaluasi-. 
Dilihat terakhir pada Sabtu, 24 September 
2016

http://mediaindonesia.com/index.php/news/
read/50479/wakil-presiden-dukung-
saeni/2016-06-12. Dilihat terakhir pada 
Sabtu, 24 September 2016 

http://www.mediaindonesia.com/index.php/news/
read/50757/pemerintah-batalkan-perda-
intoleransi/2016-06-14. Dilihat terakhir pada 
Sabtu, 24 September 2016

http://www.portalpiyungan.com/2016/06/wajib-
tonton-full-video-fpi-datangi.html. Dilihat 
terakhir pada Sabtu, 24 September 2016

http://www.remotivi.or.id/amatan/313/Kompas-
dan-FPI:-Kisah-Usang-Yang-Terus-
Berulang. Dilihat terakhir pada Sabtu, 24 
September 2016

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/
umum/16/06/13/o8p5x6383-jokowi-beri-
santunan-untuk-ibu-penjual-warteg. Dilihat 
terakhir pada Sabtu, 24 September 2016

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/
hukum/16/06/14/o8rtav330-kasus-nenek-
saeni-kemendagri-usul-revisi-perda-di-



182 │  Masyarakat Indonesia, Vol. 43 No.2, Desember 2017

serang. Dilihat terakhir pada Sabtu, 24 
September 2016

http://www.suaranews.com/2016/06/didatangi-
fpi-kompas-keder-hingga-minta.html. 
Dilihat terakhir pada Sabtu, 24 September 
2016

h t t p s : / / m . t e m p o . c o / r e a d / n e w s / 
2016/06/16/078780515/soal-razia-warung-
makan-di-serang-fpi-datangi-kompas. 
Dilihat terakhir pada Sabtu, 24 September 
2016

h t t p s : / / m . t e m p o . c o / r e a d / n e w s / 
2016/06/12/173779179/ibu-penjual-nasi-
dapat-bantuan-10-juta-dari-presiden-
jokowi. Dilihat terakhir pada Sabtu, 24 
September 2016

h t t p s : / / m . t e m p o . c o / r e a d / n e w s / 
2016/06/13/063779490/jokowi-batalkan-
3-143-perda-perda-serang-tak-termasuk. 
Dilihat terakhir pada 24 September 2016.

h t t p : / / w w w. v i v a . c o . i d / r a m a d a n 2 0 1 6 /
read/784442-mui-penutupan-warung-di-
bulan-ramadan-tak-perlu-represif. Dilihat 
terakhir pada 24 September 2016.

h t t p : / / na s iona l . news .v iva . co . i d /news /
read/784642-perda-larangan-jual-makanan-

di-bulan-puasa-akan-dievaluasi. Dilihat 
terakhir pada 24 September 2016.

h t t p : / / n e w s . o k e z o n e . c o m / r e a d / 
2016/06/13/340/1413823/warteg-tetap-
buka-bu-eni-saya-buta-aksara. Dilihat 
terakhir pada 24 September 2016.

h t t p : / / n e w s . o k e z o n e . c o m / r e a d / 
2016/06/13/340/1414025/selain-serang-
daerah-ini-miliki-perda-intoleransi. Dilihat 
terakhir pada 24 September 2016.

https://www.youtube.com/watch?v=rG0IlXysIKI. 
Dilihat terakhir pada 24 September 2016.


