Pemulihan Pasca-Pandemi Covid-19 dengan Kampanye Sosial Program Vaksinasi
Abstract
Pandemi Covid-19 di Indonesia masih berlanjut hingga tercatat mencapai 1.037.993 kasus terhitung pada 28 Januari 2021. Oleh karena itu, perlu adanya upaya kampanye di media sosial dengan tagar #VaksinCovid19. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk melihat (1) bagaimana pelaksanaan pemulihan pasca-pandemi Covid-19 melalui kampanye sosial program vaksinasi, serta (2) apa yang menjadi pengaruh perubahan perilaku masyarakat dalam kampanye sosial program vaksinasi di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode studi pustaka yang berasal dari sumber-sumber sekunder. Beberapa strategi komunikasi yang dianalisis melalui teori pemasaran sosial dan komunikasi krisis, menunjukkan bahwa pemerintah saat ini membutuhkan strategi komunikasi yang tepat dan sesuai dengan target sasaran berdasarkan demografis hingga psikologis masyarakat. Selain itu juga dibutuhkan stakeholder untuk memperluas engagement dalam kampanye sosial program vaksinasi Covid-19 melalui pelibatan influencer, tokoh masyarakat hingga pesan himbauan yang disebarkan berdasarkan tahap-tahap krisis dan pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan strategi komunikasi oleh Kementerian Kesehatan RI.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andreasen, A. R. (1995). Marketing Social Change : Changing Behavior to Promote Health, Social Development, And the Enviromental. San Fransisco: Jossey-Bass A Wley Imprint.
Antara News. (2021, Januari 5). Berita. Retrieved from Antara News: https://www.antaranews.com/berita/1929020/arti-penting-mendapatkan-vaksin-covid-19-bagi-indonesia
APJII. (2020). Data Penetrasi Internet 2019-2020. Jakarta: APJII.
Aristyavani, I., Wiyanto, S. D., & Saputro, D. H. (2018). PR dan Disrupsi : Apa yang Harus Dilakukan Praktisi PR Menghadapi Perubahan Era Digital. Jakarta: Majalah PR Indonesia.
Aziz, M. S., & Wicaksono, M. A. (2020). Komunikasi Krsis Pemerintah Indonesia dalam Penanganan Covid-19. Masyarakat Indonesia, 194-207.
Bach, C., & Alnajar, E. (2016). The Impact of Social Marketing on Public Behavior. European Journal of Engineering Research and Science, 17-22.
Banks, K. F. (2017). Crisis Communication : A casebook Approach 5th edition. New York: Routledge.
Bran24. (2021). Summary Report #Vaksincovid19. Brand24.
Budiwaspada, A. E., & Mansoor, A. Z. (2020). Pemodelan Strategi Kampanye Sosial Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis 7 Fase Kesedihan Kubler. Jurnal Desain, Vlo. 7 No.3, 207-222.
Cheng, H., Kotler, P., & Lee, N. R. (2011). Social Marketing for Public Health. Boston: Jones and Bartlett Publishers.
Chin, J. H., & Mansori, S. (2018). Social Marketing and Public Health: A Literature Review. Journal of Marketing Management and Consumer Behaviour, Vol.2, Issue 2, 48-66.
CNN Indonesia. (2021, Januari 28). CNN Indonesia. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210128150411-20-599561/positif-covid-19-tambah-13695-kematian-pecah-rekor-476
Coombs, W. T. (2010). Parameters for Crisis Communication. In W. T. Holladay, The Handbook of Crisis Communication (pp. 15-90). UK: Blackwell Publishing Ltd.
Coombs, W. T. (2015). On Going Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding 4th Edition. California: Sage Publications.
Covid19.go.id. (2021, Januari 1). edukasi vaksin. Retrieved from
covid19.go.id: https://covid19.go.id/edukasi/materi-edukasi/sms-dikirim-serentak-untuk-penerima-vaksin-covid-19-tahap-i
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations Terjemahan Edisi Kesembilan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Donovan, R., & Henley, N. (2010). Principles and Practice of Social Marketing: An International Perspective. New York: Cambridge University Press.
Falimu. (2020). Keseimbangan Media dalam Memberitakan Wabah Covid-19. In Rudianto, F. Junaedi, R. Widiatmodjo, & dkk., Krisis Komunikasi dalam Pandemi Covid-19 (pp. 159-162). Yogyakarta: Buku Litera.
Hallahan, K. D. (2007). Defining Strategic Communication. International Journal of Strategic Communication. Vol 1, No 1, 3-35.
Hassan, S., Nadzim, S. Z., & Shiratuddin, N. (2015). Strategic Use of Social Media for Small Business Based on the AIDA Model. Procedia-Social and Behavioral Sciences 172 , 262-269.
Humas Jogja. (2021, Januari 1). Humas Jogja. Retrieved from Instagram Humas Jogja: https://www.instagram.com/p/CJfoagQAhVQ/
Humas Pemda DIY. (2021, Maret 15). Humas Pemda DIY. Retrieved from Instargram Humas Pemda DIY: https://www.instagram.com/p/CMckW1bLO8L/
Humas Pemda Jawa Barat. (2021, Januari 14). Humas Pemda Jawa Barat. Retrieved from Instagram Humas Pemda Jawa Barat: https://www.instagram.com/p/CKA2MKrBc3h/
Humas Pemda Jawa Barat. (2021, Januari 15). Humas Pemda Jawa Barat. Retrieved from Instagram Humas Pemda Jawa Barat: https://www.instagram.com/p/CKDgdG7B8LC/
Junaedi, F. (2020). Promosi Komunikasi Kesehatan di Media Sosial Melawan Covid-19. In T. R. Fajar Junaedi, Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19 (pp. 3-12). Yogyakarta: Litera.
Key, T. M., & Czaplewski, A. J. (2017). Upstream social marketing strategy: An integrated marketing communications approach. Business Horizons, 60, 325-333.
Kompas.com. (2020, Desember 23). Sains. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/23/160000023/keraguan-pada-vaksin-covid-19-bagaimana-masyarakat-harus-bersikap?page=all
Kompas.com. (2021, Januari 15). Kompas Nasional. Retrieved from Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2021/01/15/08090831/kelalaian-raffi-ahmad-setelah-disuntik-vaksin-covid-19-yang-berujung-teguran?page=all
Kotler, P., & Lee, N. R. (2009). Up and Out of Poverty: The Social Marketing Solution. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Levebfre, R. C. (2013). Social Marketing and Social Change: Strategies and Tools for Health, Well-Being, and the Environment. San Francisco: Jossey-Bass.
Lim, R. S.-Q., Tan, E. Y., Lim, E. W., Aziz, N. B., & Augustine. (2018). When a Pandemic Strikes : Toward the Social Media Pandemic Communication Model. In L. Austine, & Y. Jin, Social Media and Crisis Communication (p. 253). New York: Routledge.
LLDikti 6 Kemendikbud. (2021, Februari 2021). LLDikti 6. Retrieved from Kemendikbud: https://lldikti6.kemdikbud.go.id/2021/02/17/ums-dukung-program-vaksinasi-dan-siap-diajak-melakukan-edukasi/
Merdeka. (2021, Januari 29). Merdeka.com. Retrieved from Merdeka.com: https://www.merdeka.com/peristiwa/seskab-pramono-anung-vaksinasi-upaya-sungguh-sungguh-pemerintah-atasi-covid-19.html
Nurnisya, F., & Nurjanah, A. (2017). Buku Ajar Teknik Media Relations. Yogyakarta: Lingkar Media.
PR Indonesia. (2021, Februari 24). Peta Pesan Komunikasi Program Vaksinasi Covid-19 .
Rahadi. (2020). Kampanye Sosial Melalui Tanda Tagar. In Rudianto, F.
Junaedi, R. Widiatmodjo, & dkk., Krisis Komunikasi dalam Pandemi Covid-19 (pp. 205-209). Yogyakarta: Buku Litera.
Rochimah, T. N. (2020). Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Isu Covid-19. In T. R. Fajar Junaedi, Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19 (pp. 45-58). Yogyakarta: Litera.
Seeger, T. L. (2013). Theorizing Crisis Communication. UK: A John Wiley & Sons, Ltd., Publication.
Syahputra, I. (2018). Opini Publik: Konsep, Pembentukan, dan Pengukuran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Universitas Gadjah Mada. (2021, Maret 12). Universitas Gadjah Mada. Retrieved from Instagram Universitas Gadjah Mada: https://www.instagram.com/p/CMTsoTOBT5Q/
Zerfass, D. H. (2015). The Routledge Handbook of Strategic Communication. New York: The Routledge.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.