DARURAT LITERASI MEMBACA DI KELAS AWAL:

Lukman Solihin

Abstract

Dalam upaya membangun SDM yang berkualitas, Indonesia menghadapi masalah rendahnya mutu pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, khususnya kemampuan literasi membaca di kelas awal sekolah dasar. Padahal siswa yang tidak mampu membaca akan mengalami “efek Mathhew†berupa menurunnya motivasi belajar, rendahnya kemampuan menangkap informasi, berpotensi mengulang kelas, bahkan tidak melanjutkan pendidikan (drop out). Artikel ini berusaha mengkaji persoalan tersebut dan mendiskusikan solusinya. Kami menggunakan data lapangan dari beberapa daerah yang merupakan mitra program INOVASI, antara lain Kabupaten Bulungan, Lombok Utara, serta Sumba Barat Daya dan Sumba Timur. Data dikumpulkan pada medio 2019 melalui wawancara dan diskusi dengan guru, kepala sekolah, pengawas, serta fasilitator daerah pada program INOVASI. Analisis yang kami lakukan menunjukkan terdapat tiga persoalan utama, yaitu rendahnya kompetensi guru, kurikulum yang mengabaikan pelajaran membaca permulaan, serta minimnya sumber daya bacaan. Tiga persoalan ini perlu dipecahkan apabila kita berharap masa depan SDM Indonesia akan lebih berkualitas dan berdaya saing.

Keywords

literasi membaca, kelas awal, kompetensi guru, kurikulum 2013, buku bacaan anak

Full Text:

PDF

References

ACDP Indonesia. Pentingnya Membaca dan Penilaian di Kelas-kelas Awal. Lembar Kerja Desember 2014.

Dakir. (2004). Perencanaan dan Pembelajaran Kurikulum. Jakarta: Rieneka Cipta.

Hanushek, E. and L. Woessmann. (2011). "How Much Do Educational Outcomes Matter in OECD countries?" Economic Policy. Vol. 26, No. 67, pp. 427-491.

Hernandez, D. (2011). Double Jeopardy: How Third-Grade Reading Skills and Poverty Influence High School Graduation. New York, USA: The Annie E. Casey Foundation.

INOVASI. (2017a). Analisis Situasi Cepat Partisipatif untuk Mendukung Pembelajaran Provinsi Kalimantan Utara. Jakarta: INOVASI.

----. (2017b). Program Baseline Report West Nusa Tenggara. Jakara: INOVASI.

----. (2019). Laporan Baseline Sumba, Nusa Tenggara Timur. Jakarta: INOVASI.

Irdawati, Yunidar dan Darmawan. (2015). “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di MIN Buolâ€. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 4.

Joppe de Ree, Karthik Muralidharan, Menno Pradhan, Halsey Rogers. (2018). “Double for Nothing? Experimental Evidence on an Unconditional Teacher Salary Increase in Indonesiaâ€. The Quarterly Journal of Economics, Volume 133, Issue 2, May 2018, Pages 993–1039.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Diriku: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Peserta Didik SD/MI Kelas 1. Jakarta: Kemdikbud.

Klaus Schwab (Ed.). (2019). The Global Competitiveness Report 2019. World Economic Forum.

Kompas. “Bencana Demografi Jadi Ancamanâ€, dalam Kompas cetak, edisi 12 Maret 2016.

Muhyidin, Asep. (2015). Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas Awal. Banten: Universitas Ageng Tirtayara

Peraturan Presiden Nomor 18/2020 tentang RPJMN 2020-2024, Lampiran 1 “Narasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024â€.

Pratiwi, Indah, Lukman Solihin, Genardi Atmadiredja, Bakti Utama. (2019). Ringkasan Eksekutif: Praktik Baik Peningkatan Kemampuan Siswa SD di Kelas Awal Literasi Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Pritchett, Lant. (2013). The Rebirth of Education: Schooling Ain’t Learning. Washington, DC: Center for Global Development; Baltimore: Brookings Institution Press.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Sumber Daya Manusia Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: PDSPK, Kemendikbud.

Pusat Penilaian Pendidikan. (2018). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemendikbud.

Sandra Kurniawati, Daniel Suryadarma, Luhur Bima and Asri Yusrina. (2018). “Education in Indonesia: A White Elephant?†Journal of Southeast Asian Economies, Vol. 35, No. 2, Special Issue: The Indonesian Economy in Transition: Policy Challenges in the Jokowi Era and Beyond (August 2018), pp. 185-199

Solihin, Lukman, Bakti Utama, Indah Pratiwi, Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Stanovich, K. (1986). “Matthew Effects in Reading: Some Consequences of Individual Differences in the Acquisition of Literacyâ€. Reading Research Quarterly. 11 (4).

World Bank. 2018a. World Development Report 2018: Learning to Realize Education’s Promise (WDR 2018). Washington, DC: World Bank.

----. 2018b. Tumbuh Lebih Cerdas: Pembelajaran dan Pembangunan Merata di Asia Timur dan Pasifik. Washington, DC: World Bank.

----. 2018c. Perkembangan Triwulanan Perekonomian Indonesia: Pendidikan untuk pertumbuhan. Washington, DC: World Bank.

Copyright (c) 2020 Masyarakat Indonesia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.