PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR DI WILAYAH IBU KOTA NUSANTARA

Syarah Siti Supriyanti, Yulianta ., Yulianta ., Januarta Dwi Kusmayanti, Januarta Dwi Kusmayanti, A. Risdawati Alwi Paluseri, A. Risdawati Alwi Paluseri, Choerunisa Noor Syahid, Choerunisa Noor Syahid, Adelia Oktarina, Adelia Oktarina, Nyimas Latifah Letty Aziz, Nyimas Latifah Letty Aziz

Abstract

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menitik beratkan pada proses pelibatan masyarakat sekitar dengan memperhatikan keanekaragaman budaya serta kearifan lokal masyarakatnya. Hingga tahun 2022, pemerintah telah mengagendakan sekitar 28 jenis pelatihan bagi masyarakat untuk mendukung proses pembangunan IKN. Namun realita yang terjadi di lapangan saat ini, masih banyak pelatihan yang perlu dibenahi dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada serta diperlukan sinergi dan kolaborasi lintas sektor untuk meningkatan kapasitas SDM sebelum mendapatkan pelatihan. Oleh karena itu, perlu fokus dari pemerintah untuk mengagendakan pelatihan yang benar-benar dibutuhkan bagi pembangunan IKN. Demografi penduduk Kalimantan Timur usia produktif yang mencapai 60% dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kegiatan ekonomi berbasis digital, inovasi dan kreasi, tenaga kerja yang berdaya saing, meningkatkan semangat kewirausahaan serta meningkatkan nilai investasi. Selain pemberdayaan pemuda, keterlibatan perempuan perlu lebih didorong. Selanjutnya strategi pemberdayaan masyarakat juga dapat dilakukan di sektor-sektor potensial pada wilayah sekitar IKN, yiatu pada sektor logistik dan sektor pariwisata dan MICE.

Keywords

IKN; pemberdayaan masyarakat; pelatihan; keanekaragaman budaya

Full Text:

PDF

References

Beritasatu.com, 05 Agustus 2022. Kemenaker Libatkan 5 BLK di Kaltim untuk Pembangunan IKN. Diakses di https://www.beritasatu.com/news/ 960393/kemenaker-libatkan-5-blk-di-kaltim-untuk-pembangunan-ikn.

Chambers, R. 1995. Poverty and Livelihoods: Whose Reality Counts? Environment and Urbanization, Vol. 7 (1): 173-204.

Ikn.go.id, 08 Desember 2021. Perempuan Kaltim Diharap Berkontribusi Pada Pemindahan Ibu Kota Negara. Diakses di https://ikn.go.id/en/perempuan-kaltim-diharap-berkontribusi-pada-pemindahan-ibu-kota-negara

Kaltimprov.go.id, 03 Juli 2022. Senin Besok, Warga Sekitar Ibu Kota Nusantara Ikuti Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat. Diakses di https://diskominfo.kaltimprov.go.id/pembangunan/senin-besok-warga-sekitar-ibu-kota-nusantara-ikuti-pelatihan-pemberdayaan-masyarakat.

Kaltimprov.go.id, 08 Desember 2022. Perempuan Punya Peluang Besar Mengisi Pembangunan IKN. Diakses di https://dkp3a.kaltimprov.go.id/ 2022/12/08/perempuan-punya-peluang-besar-mengisi-pembangunan-ikn/

Katadata.co.id, 22 Desember 2021. Sebanyak 6889 Penduduk Kalimantan Timur Berusia Produktif Pada Juni 2021. Diakses di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/22/sebanyak-6889-penduduk-kalimantan-timur-berusia-produktif-pada-juni-2021.

Kemendagri.go.id, 02 Juni 2022. Pembangunan Infrastruktur di Kawasan IKN Harus Diimbangi dengan Pemberdayaan Masyarakat. Diakses di https://ditjenbinaadwil.kemendagri.go.id/berita/detail/pembangunan-infrastruktut-di-kawasan-ikn-harus-diimbangi-dengan-pemberdayaan-masyarakat.

Kemenkopmk.go.id, 17 Juni 2022. Pentingnya Pelibatan Masyarakat Lokal dalam Proses Pembangunan IKN Nusantara. Diakses di https://www.kemenkopmk.go.id/pentingnya-pelibatan-masyarakat-lokal-dalam-proses-pembangunan-ikn-nusantara.

Kemenpora.go.id, 04 Agustus 2021. Menpora Amali Ingin Mahasiswa Jadi Pemuda Kreatif, Inovatif, Mandiri dan Berdaya Saing. Diakses di https://kemenpora.go.id/detail/796/menpora-amali-ingin-mahasiswa-jadi-pemuda-kreatif-inovatif-mandiri-dan-berdaya-saing

Kompas.com, 04 Juli 2022. Pemerintah Siapkan 28 Jenis Pelatihan untuk Warga Lokal di IKN. Diakses di https://nasional.kompas.com/read/ 2022/07/04/05445351/pemerintah-siapkan-28-jenis-pelatihan-untuk-warga-lokal-di-ikn.

Noor, Munawar. 2011. Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, Vol. 2 (2).

Nugroho, Sidiq Permono, dkk. 2018. Strategi Pengembangan MICE sebagai Upaya Peningkatan Sektor Pariwisata Kota Surakarta. Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB), 176-189.

Salsabila, Ashila. 2022. Pembangunan IKN Prioritaskan Pemberdayaan Masyarakat Lokal. Diakses di https://www.neraca.co.id/article/171908/pembangunan-ikn-prioritaskan-pemberdayaan-masyarakat-lokal.

Supriyanti, S.S., AP, A.R., Syahid, C.N. 2022. Pemantauan Ekonomi dan Pembangunan Terkini Volume 1 No. 3 Oktober 2022: Potensi Pengembangan Industri Pertanian Berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara.

Who.int. Adolescent health in the South-East Asia Region. Diakses di https://www.who.int/southeastasia/health-topics/adolescent-health.

Copyright (c) 2023 Masyarakat Indonesia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.